Unsur Komposisi Tari

Unsur Komposisi Tari

Unsur Komposisi Tari

Pengetahuan komposisi tari adalah pengetahuan yang berhubungan dengan bagaimana memilih dan menata gerakan menjadi sebuah karya tari. Pengetahuan komposisi tari mempelajari tentang desain lantai, desain atas, desain musik, dramatik, dinamika, tema, tata rias dan busana, tata pentas, tata lampu dan tata suara.

Desain lantai, desain atas, desain musik, dramatik, dinamika, tema, tata rias dan busana, tata pentas, tata lampu dan tata suara disebut sebagai unsur komposisi tari. Desain lantai adalah garis-garis lantai yang dilalui oleh seorang penari atau garis yang dibuat oleh formasi penari.

Desain atas adalah desain yang dibuat oleh anggota badan yang berada di atas lantai. Desain musik adalah pola ritmik dalam tari. Desain dramatik adalah tahap-tahapan emosional untuk mencapai klimaks dalam sebuah tari. Dinamika adalah segala perubahan di dalam tari karena adanya variasi-variasi di dalam tari. Tema adalah ide persoalan dalam tari. Tata rias dan busana adalah rias wajah dan pakaian untuk mendukung penampilan penari di atas pentas. Tata pentas adalah penataan pentas untuk mendukung pergelaran tari.

Seperangkat benda yang berada di atas pentas untuk mendukung pergelaran tari disebut dengan setting. Tata lampu adalah penataan seperangkat lampu di pentas untuk mendukung pergelaran tari. Tata suara adalah penataan seperangkat alat sumber bunyi untuk tujuan pengaturan musik iringan tari, pada waktu pergelaran tari berlangsung.

1.4  Tahapan-tahapan dalam pementasan tari

  1. Persiapan

–       Pemilihan penari.

–       Latihan: meliputi penataan gerak,komposisi dalam tari,penatnaan music.

–       Alat dan bahan : meliputi kostum penari,alat music,make up,lighthing dan properti.

  1. Pertunjukan

–    Penguasaan panggung

–    Penguasaan musik

–    Penguasaan gerak

–    Penguasaan lighthing terhadap penonton

  1. Klasifikasi ulang pementasan

–    Kekurangan dalam pementasan


Sumber: https://bingkis.co.id/qualcomm-ajukan-gugatan-baru-kepada-apple/