ULASAN APLIKASI QUIBI: KONTEN VIDEO BERKUALITAS TINGGI YANG DIOPTIMALKAN HANYA UNTUK LAYAR KECIL ADALAH KONSEP YANG MENARIK, DAN BERFUNGSI

ULASAN APLIKASI QUIBI: KONTEN VIDEO BERKUALITAS TINGGI YANG DIOPTIMALKAN HANYA UNTUK LAYAR KECIL ADALAH KONSEP YANG MENARIK, DAN BERFUNGSI

 

ULASAN APLIKASI QUIBI KONTEN VIDEO BERKUALITAS TINGGI YANG DIOPTIMALKAN HANYA UNTUK LAYAR KECIL ADALAH KONSEP YANG MENARIK, DAN BERFUNGSI
ULASAN APLIKASI QUIBI KONTEN VIDEO BERKUALITAS TINGGI YANG DIOPTIMALKAN HANYA UNTUK LAYAR KECIL ADALAH KONSEP YANG MENARIK, DAN BERFUNGSI
Ketika ide itu pertama kali diejek tahun lalu, Quibi dianggap sebagai aplikasi streaming video lain yang dinanti -nantikan. Pada CES 2020, pendiri Quibi meletakkan rencana – 175 pertunjukan asli dengan 8.500 episode, menampilkan konten dari Steven Spielberg , aktor seperti Christoph Waltz, Rachel Broshnahan, Jennifer Lopez, Sophie Turner, Chrissy Tiegen, serta konten dari organisasi berita seperti BBC, ESPN dan sebagainya. Ini menarik perhatian semua orang.
 Ulasan aplikasi Quibi: Konten video berkualitas tinggi yang dioptimalkan hanya untuk layar kecil adalah konsep yang menarik, dan berfungsi
Konten Quibi HANYA akan tersedia di platform seluler.
Quibi telah diluncurkan pada platform Android dan iOS pada 6 April. Di India, Anda dapat memanfaatkan tawaran uji coba gratis 90 hari. Tetapi Anda masih harus mendaftarkan aplikasi ini dengan kartu kredit Anda.
Anda akan dikenai biaya Rs 669 per bulan setelah masa uji coba berakhir. Di AS, ada dua tingkatan: paket $ 4,99 yang akan memiliki iklan, dan paket $ 7,99 yang tidak akan memiliki iklan. Di India, aplikasi ini hanya menampilkan paket bebas iklan. Anda dapat membatalkan langganan Anda kapan saja sebelum uji coba tiga bulan berakhir tanpa biaya tambahan.
Apa yang baru di Quibi ?
Sebelum kita mulai menganalisis aplikasi, inilah yang membedakan Quibi dari layanan streaming yang ada seperti Netflix, Prime Video, Disney + Hotstar  .
• Quibi adalah singkatan dari ‘Quick Bites’. Itu berarti tidak ada episode dari acara apa pun di platform Quibi akan lebih dari 10 menit, terlepas dari genre konten
• Konten Quibi HANYA akan tersedia di platform seluler. Ingin mencoba ini di TV? Tidak ada kesempatan. Bagaimana kalau menontonnya di browser web di laptop Anda? Itu juga bukan pilihan. Gagasan di balik Quibi adalah memiliki konten yang dapat dinikmati saat bepergian.
• Quibi memungkinkan Anda melihat konten dalam potret serta orientasi lanskap, yang oleh Quibi disebut mode Turnstyle.
• Genre yang dicakup termasuk film fitur yang dibagi menjadi berbagai bab sub-10 menit, film dokumenter tentang makanan, mode, perjalanan, mobil, reality show jenis TV, dan sebagainya.
• Ada bagian Berita Esensial Harian dan Gaya Hidup, yang dimaksudkan untuk diperbarui setiap hari dan memiliki konten yang terkait dengan berita yang dapat dikonsumsi dalam 6-7 menit video.
Tata letak aplikasi lebih terinspirasi oleh Instagram / Snapchat daripada Netflix / Prime Video
Saat menghidupkan aplikasi, tab pertama yang disajikan kepada Anda disebut “Untuk Anda”. Tab lainnya adalah “Jelajahi”, “Mengikuti”, dan “Unduh”. Tata letak gulir vertikal aplikasi membuat setiap bagian konten muncul dalam tata letak kartu.
Antarmuka Pengguna Quibi
Antarmuka Pengguna Quibi
Setiap kartu memberi Anda pandangan sekilas tentang apa yang dapat Anda harapkan dari sebuah pertunjukan. Anda mendapatkan nama acara bersama dengan nama episode, genre acara, dan cuplikan video acara diputar di dalam kartu jika ada di layar Anda selama lebih dari beberapa detik.
Tata letak kartu ini dipasangkan dengan pengguliran vertikal lebih mengingatkan pada Instagram atau Snapchat , atau bahkan bahasa desain TikTok , daripada platform streaming video tradisional seperti Netflix atau Prime Video . Di sudut kanan bawah setiap kartu terdapat tiga titik, yang, saat mengetuk, membawa Anda ke menu pop-up dari mana Anda dapat mengikuti pertunjukan dan mengunduh episode itu, berbagi pertunjukan, atau memutar episode. Anda akan melihat sekitar 15-20 pertunjukan di bagian ‘Untuk Anda’. Saya kira bagian ini akan menjadi lebih cerdas dan memenuhi selera Anda, semakin banyak konten yang Anda tonton di platform Quibi .
Bagian Browse memiliki bilah pencarian yang memungkinkan Anda mencari acara atau episode tertentu. Pencarian berdasarkan genre, untungnya, mengembalikan hasil. Dalam beberapa kasus, pencarian berdasarkan nama aktor juga menghasilkan beberapa hasil. Tab Diikuti dan Unduhan hanyalah daftar acara yang telah Anda ikuti, (yang memungkinkan aplikasi memberi tahu Anda ketika ada episode baru) atau diunduh.
Perpustakaan Konten
Pertanyaan pertama sebelum Anda mengunduh aplikasi Quibi di ponsel Anda adalah: “Konten apa yang dimilikinya?” The resmi YouTube halaman dari Quibi , yang memiliki trailer, akan memberi Anda ide yang sangat baik dari apa jenis acara untuk mengharapkan pada platform. Pertunjukan tersebut dapat dibagi menjadi tiga kategori: berita penting harian dan pertunjukan gaya hidup; jenis film dokumenter dan reality show, dan acara scripted berkualitas tinggi dibagi dengan bab. Sekali lagi, setiap episode di acara apa pun selalu di bawah 10 menit.
Quibi menunjukkan
Halaman Setiap acara memiliki indikasi seperti apa irama episode-rilis akan seperti.
Hal lain yang patut dicatat adalah bahwa tidak seperti Netflix atau Prime Video, Quibi tidak berencana untuk merilis semua episode dari pertunjukannya sekaligus. Misalnya, pada hari pertama, Survive, Most Dangerous Game , dan 50 States of Fright , masing-masing memiliki tiga episode. Beberapa pertunjukkan seperti Pengadilan Chrissy memiliki enam episode. Tetapi ke depan, idenya adalah untuk merilis satu episode per hari dengan cara yang ada hingga tiga jam senilai konten segar tersedia setiap hari. Halaman Setiap acara memiliki indikasi seperti apa irama episode-rilis akan seperti.
Acara-acara yang telah menggelitik kesukaan saya dan beberapa di antaranya telah saya saksikan antara lain:
• Game Paling Berbahaya : Ini adalah thriller psikologis dystopian yang melibatkan permainan berburu kehidupan nyata. Dibintangi: Liam Hemsworth, Christoph Waltz
• Bertahan : “Jane ingin mengakhiri semuanya. Kemudian kecelakaan pesawat hampir berakhir untuknya. Sekarang dia merangkak dari puing-puing bersama Paul, satu-satunya yang selamat. ” Dibintangi: Sophie Turner.
• Fierce Queens : Ini adalah seri alam yang mengeksplorasi kehidupan betina paling sengit di dunia hewan. Disajikan dan diriwayatkan oleh Reese Witherspoon.
• 50 States of Fright : Sebuah antologi horor yang menampilkan satu cerita menakutkan dari masing-masing 50 negara. Dibintangi: Rachel Brosnahan, antara lain.
• Bentuk Pasta : Ini adalah pertunjukan wisata dan makanan tentang seorang koki di Italia yang mengejar pasta yang sempurna.
• Anda Tidak Punya Ini : Ini murni untuk para sneaker-head dan menjelajahi budaya itu. Disajikan oleh: Lena Waithe.
Secara keseluruhan, koleksi pada hari peluncuran bervariasi dan semua orang akan menemukan sesuatu atau yang lain yang akan disukai mereka. Saat ini, sebagian besar konten dalam bahasa Inggris, dengan beberapa pertunjukan yang melayani pemirsa Latinx dan disajikan dalam bahasa Spanyol. Tentu saja, karena penguncian yang dimandatkan oleh Coronavirus, beberapa perpustakaan Daily Essentials hanyalah trailer. BBC’s Around The World telah mulai berbagi satu kapsul berita dunia berita 5-6 mnt setiap hari. Ini berita segar dari berita harian dengan factoid memotong berita. Bahkan bilah pencarian memiliki tonggak yang memungkinkan Anda melompat di antara berbagai item berita untuk episode itu.
Dioptimalkan untuk tampilan vertikal dan horizontal
Salah satu USPs Quibi adalah fitur yang disebut Turnstyle, yang memungkinkan Anda menonton konten sambil memegang telepon secara vertikal atau horizontal. Anda bahkan dapat beralih di antara dua orientasi di tengah – bahkan jika Anda memiliki kunci orientasi seluruh sistem diaktifkan – mulus. Quibi berhasil menghindari gangguan atau kerusakan saat Anda beralih dari orientasi vertikal ke horizontal, dengan mengaktifkan dua aliran secara bersamaan (tentu saja, ini akan memukul data Anda, jika Anda benar-benar peduli).
Saat ini tidak ada cara untuk mengetahui resolusi sungai yang tepat. Kualitas streaming diatur pada ‘Otomatis’ secara default, dan tampaknya naik ke FHD. Ada juga pilihan ‘Kualitas Standar’ yang terlihat seperti resolusi SD. Kualitas video yang diunduh juga dapat diatur ke Standar atau Tinggi. Dan ada tombol sakelar untuk memaksa stream resolusi lebih rendah dan unduhan untuk menghemat data, jika Anda membutuhkannya.
Dalam hal pengalaman pengguna, saya perhatikan bahwa peralihan itu cukup lancar. Sementara menonton vertikal berhasil menyelaraskan teks (jika ada) dalam bingkai dengan sempurna, video jelas terlihat sedikit diperbesar. Ini mungkin berfungsi saat menonton acara berita dari BBC , misalnya, tetapi ketika menonton film dokumenter atau film panjang, Anda akan kehilangan beberapa bagian adegan yang terlihat dalam orientasi horizontal.
Saya menonton episode Most Dangerous Game dalam orientasi vertikal maupun horizontal. Dalam orientasi vertikal, saya merasa lebih dekat dengan karakter, seolah-olah saya duduk di ruangan yang sama dengan mereka. Tetapi untuk pertunjukan lain, seperti 50 States of Fright saya lebih suka tidak memiliki karakter mimpi buruk tepat di wajah saya.
Satu hal yang baik adalah bahwa video vertikal dioptimalkan dengan baik. Bingkai vertikal hampir seperti melacak subjek sehingga Anda tidak memiliki karakter yang keluar dari adegan. Juga, dalam orientasi vertikal, bilah pencarian muncul di sisi kanan secara vertikal (pengguna kidal juga dapat mengubahnya ke sisi kiri), menghitung dari atas ke bawah – hampir seperti volume rocker terbalik.
Haruskah Netflix, Video Utama, Disney + Hotstar khawatir?
Saat ini, tidak juga.
Quibi tahu itu memiliki persaingan yang ketat dan telah datang ke medan perang dengan senjata api, sehingga untuk berbicara. Quibi didirikan oleh mantan Ketua Walt Disney dan salah satu pendiri DreamWorks SKG Jeffrey Katzenberg, dan mantan CEO HP dan eBay Meg Whitman. Pengalaman Katzenberg mencerminkan jajaran royalti Hollywood yang ditampilkan di Quibi . Investasi $ 1,8 miliar juga bukan lelucon.
Keterbatasan terbesar dari Quibi adalah bahwa itu hanya tersedia di platform seluler untuk saat ini. Ya, format unik Quibi yang dipasangkan dengan fitur-fitur seperti Turnstyle berfungsi bagus untuk menonton konten seluler berkualitas tinggi saat bepergian. Tetapi, selama skenario penguncian saat ini, Quibi tidak memiliki peluang di depan layanan streaming video yang mapan yang dapat dinikmati di banyak platform, belum lagi pada tampilan yang jauh lebih besar di rumah.

Dalam konteks India, Quibi pasti dihargai di sisi yang lebih tinggi, tanpa rencana keluarga yang tersedia. Setiap akun

hanya mendapatkan satu aliran, sehingga Anda bahkan tidak dapat membagikan kata sandi jika Anda berencana untuk melakukannya. Di India, Quibi terikat untuk tetap menjadi platform ceruk untuk beberapa waktu. Tapi ini adalah platform yang hebat bagi banyak pembuat film pendek di negara ini, kapan pun Quibi memperluas anggaran produksinya.
Sama seperti Instagram yang disalin Snapchat , saya tidak melihat mengapa fitur Turnstyle tidak dapat dimasukkan ke dalam layanan streaming lain seperti Netflix atau Disney + (meskipun itu adalah teknologi yang sedang dipatenkan). Tetapi sekali lagi, apakah Turnstyle benar-benar penting?
Kecuali jika Quibi memiliki beberapa trik di lengannya yang memberikan tujuan pada dua orientasi di luar hanya menjadi ‘fitur’, situs streaming lainnya dapat mengoptimalkan konten mereka untuk dua orientasi juga. Netflix menjalankan pengambilan interaktifnya pada Black Mirror: Bandersnatch dengan cukup baik, saya tidak mengerti mengapa Quibi tidak boleh bereksperimen dengan orientasi ganda.

Saya dapat membayangkan diri saya menonton video dalam orientasi vertikal ketika saya bepergian, tetapi saya

akan selalu bertanya-tanya apakah saya melewatkan detail apa pun jika saya menontonnya dalam perspektif sinematik atau horizontal. Konten video vertikal adalah proposisi hit-and-miss. Sementara IGTV tidak dapat membuat mainstream video format vertikal, TikTok telah menunjukkan bahwa itu dapat bekerja jika dilakukan dengan benar. Akankah proposisi switching yang mulus dari Quibi bekerja dalam jangka panjang? Hanya waktu yang akan memberitahu.
Apakah Quibi membawa sesuatu yang baru ke meja? Benar.
Durasi episode yang ringan untuk sempurna untuk menonton cepat ketika Anda menunggu dalam antrian, bepergian, atau sedang makan siang atau rehat kopi. Katalog konten bervariasi dan hal-hal yang tampaknya tidak berlebihan ketika menggunakan aplikasi, setidaknya dibandingkan dengan perpustakaan konten besar di Netflix, Prime Video, atau Disney + Hotstar . Ada banyak lagi pertunjukan yang akan diluncurkan di platform, termasuk pertunjukan horor oleh Steven Spielberg yang disebut After Dark , yang tampaknya Anda hanya akan diizinkan bermain setelah tengah malam di zona waktu Anda.

Sementara kami saat ini terkurung di rumah-rumah kami, kami mungkin lebih suka menonton konten pada layar

yang lebih besar, tetapi uji coba gratis 90 hari menjadikannya tidak perlu khawatir untuk setidaknya memberikan kesempatan kepada Quibi .
Netflix membawa perubahan perilaku dalam diri saya – saya menyadari bahwa saya tidak memiliki kesabaran untuk pertunjukan yang memiliki lebih dari delapan, episode berdurasi satu jam per musim. Mungkin Quibi akan menurunkan toleransi itu lebih jauh, jika berhasil memenuhi janji pertunjukan berkualitas tinggi dalam jadwal yang ketat. Saya akan memberi Anda pembaruan tentang apa yang terjadi pada saat periode uji coba saya berakhir. Untuk saat ini, aplikasi tentu terlihat menjanjikan.]
Baca Juga: