Tips Penyelamatan Diri guna Anak

Tips Penyelamatan Diri guna Anak

Orangtua pasti tidak hendak anaknya merasakan hal-hal yang tidak diinginkan. Bahkan, menurut keterangan dari Nathanael sejumlah orangtua bakal melakukan pelbagai cara di tengah kesibukannya melulu untuk memahami di mana anaknya sedang berada dan meyakinkan bahwa anaknya jauh dari marabahaya.

Namun, sebagai manusia, orangtua pun tidak bisa 100% memastikan bahwa anaknya bakal baik-baik di luar sana. Apalagi bila sedang tidak bareng orangtuanya.

Maka, orangtua telah sewajarnya melakukan tahapan pencegahan mula terhadap hal-hal yang tidak diharapkan kepada anaknya, laksana yang dikatakan Dosen Psikologi Universitas Indonesia, Nathanael EJ Sumampouw pada peluang Forum Ngobras (Ngobrol Bareng Sahabat) di Nutrifood Inspiring Centre, Menteng Square, Jakarta, belum lama ini.

Pencegahan itu dapat dilaksanakan dengan teknik memberi rencana penyelamatan diri pada anak, laksana sengaja menyimpan kontak orang-orang dewasa terdekat di handphone-nya.

Di samping itu, dapat juga dengan memberi rencana-rencana konkret yang disusun langsung bareng anak.

“Kalau mama gak dapat ditelpon, telpon papa ya!” Atau “Kalau kamu terancam dan mama papa gak dapat ditelpon langsung ke lokasi tinggal nenek aja ya,” Nathanael mencontohkan.

Diharapkan dengan adanya perbuatan preventif atas kejadian buruk yang barangkali terjadi pada anak bisa menjauhkan mereka dari marabahaya ketika orangtua sedang sibuk bekerja atau tidak berada di lokasi yang sama dengan anak.

http://imgops.com/https://www.pelajaran.co.id