Siap Bersaing pada Dunia Kerja

Siap Bersaing pada Dunia Kerja

Siap Bersaing pada Dunia Kerja
Siap Bersaing pada Dunia Kerja

Lulusan SMK Negeri 3 jurusan tata busana siap bersaing pada dunia kerja nyata. Sebab,

peserta didik sudah dibekali ilmu tata busana secara detail sehingga mereka saat bekerja sudah tidak canggung lagi.

Guru Pembina Praktek Desain Atiyah mengatakan, siswanya punya keahlian merancang pola dengan berbagai busana.

Karena, setiap peserta akan mendapat pembekalan ilmu dasar mulai dari nol. Meliputi, cara menggambar/mendesain, mengenal dan mempelajari jenis bahan /tekstil, mengukur, membuat pola, memotong, menjahit, serta menghias sampai finishing.

“Bahkan sampai pengelolaan usaha di bidang busana, sehingga peserta didik tidak perlu takut tidak dapat menyesuaikan diri,”ujarnya.

Selain itu semua proses yang dipelajari dalam tiap kompetensi, baik dasar maupun lanjut

dalam proses pembelajaran diulas tuntas baik secara teori maupun praktek. Hal ini membuat para siswa tidak hanya mahir di salah satu bidang, melainkan bisa paham di semua bidang.

“Karena peserta didik diberi ketrampilan mulai dari pekerjaan dengan tangan sampai mengoperasikan alat bantu jahit yang canggih sehingga akan mumpuni di semua aspek.

Menurutnya, dunia fashion selalu berkembang setiap harinya. Baik dari segi model busana

maupun material yang digunakan. Untuk itu, bekal ilmu yang diberikan pada siswa diharapkan dapat mengasah peserta didik untuk lebih kreatif dalam menciptakan sebuah karya busana.

“Karena tidak menutup kemungkinan karya busana yang dibuat menjadi trend.” ujarnya.

Dan Atiyah berharap dengan belajar tata busana peserta didik akan mengalami masa Praktek Kerja Industri (Prakerin) atau magang.

“ Pada fase ini peserta didik akan merasakan pengalaman magang di Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) yaitu magang di perusahaan yang bergerak dibidang busana baik itu di butik, desainer / perancang busana maupun di garment.

 

Baca Juga :