SEJARAH PROYEKSI / PERAMALAN

SEJARAH PROYEKSI / PERAMALAN

SEJARAH PROYEKSI

Berkembangnya teknik-teknik peramalan yang lebih canggih yang seiring dengan kemajuan komputer, khususnya pada perkembangan komputer personal dan piranti-lunaknya, telah membuat peramalan menerima lebih banyak lagi perhatian.Setiap manajer kini mempunyai kemampuan menggunakan teknik analisis data yang sangat canggih untuk keperluan peramalan dan pemahaman teknik-teknik tersebut kini merupakan hal yang penting bagi para manajer bisnis. Untuk alas an yang sama, konsumen peramalan harus waspada dengan ketidaktepatan penggunaan teknik peramalan karena ketidakakuratan ramalan akan menghasilkan keputusan yang buruk.

Teknik-teknik baru peramalan terus dikembangkan sebagaimana kepedulian manajer terhadap proses peramalan yang terus berkembang. Fokus tertentu atas perhatian ini terletak pada kesalahan yang merupakan bagian yang melekat pada setiap prosedur peramalan. Prediksi mengenai kejadian masa depan jarang sekali yang akurat, pelaku peramalan hanya dapat berusaha untuk membuat sekecil mungkin kesalahan yang tak terelakan.

  1.  MANFAAT PERAMALAN / PROYEKSI BISNIS

Peramalan (forecasting) sangat penting dalam bidang bisnis dan ekonomi.Terdapat 2 hal yang mendasar. Pertama, perencanaan (planner) dan juga pengambil keputusan (decision maker) harus membuat perencanaan atau mengambil keputusan saat ini untuk dilaksanakan masa yang akan dating. Kedua, kondisi di masa yang akan datang sulit dipastikan pada saat ini. Dengan kata lain, di masa yang akan datang terdapat unsur ketidakpastian.

Siapa yang membutuhkan ramalan?Setiap organisasi, apakah organisasi besar ataupun organisasi kecil, apakah organisasi bisnis yang berorientasi laba (profit oriented organizations), maupun organisasi yang tidak berorientasi laba (nonprofit oriented organizations) pada umumnya menggunakan ramalan, baik secara eksplisit maupun secara implicit. Hal ini dikarenakan setiap organisasi harus membuat perencanaan mengenai apa yang akan dilakukan pada masa yang akan dating. Suatu perusahaan membuat anggaran pada saat ini untuk digunakan pada masa yang akan datang. Permasalahan utama yang dihadapi oleh sebuah organisasi dalam membuat anggaran adalah adanya ketidakpastian mengenai kejadian (kondisi yang dihadapi) dimasa yang akan datang. Beberapa pertanyaan berikut ini dapat digunakan untuk lebih memahami pentingnya membuat ramalan bagi suatu organisasi:

  • Jika suatu perusahaan menambah pengeluaran untuk iklan, bagaimana pengaruhnya terhadap penjualan?
  • Jika pemerintah menaikkan tariff pajak penapatan sebesar 5%, berapa pendapatan pemerintah dapat ditingkatkan?
  • Bank sentral menurunkan suku bunga Sertifikat Bank Indonesia (SBI). Bagaimana pengaruhnya terhadap inflasi?
  • Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi (menentukan) penjualan?
  • Bagaimana perkembangan produksi nasional (GDP) Indonesia pada 5 tahun kedepan?
  • Apakah kondisi perekonomian Indonesia saat ini mengalami resesi? Jika ya, kapan resesi ini dimulai? Seberapa hebat resesi yang melanda perekonomian Indonesia saat ini? Kapan resesi ini berakhir?
  • Berapa kebutuhan karyawan sampai pada 5 tahun kedepan.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut diatas menambah pemahaman bahwa organisasi, baik bisnis maupun nonbisnis (pemerintah) memerlukan ramalan.Mengapa? Karena yang akan diketahui adalah kondisi dimasa yang akan datang, sementara saat ini tidak tersedia informasi mengenai apa yang akan terjadi dimasa ayang akan datang tesebut.

Organisasi bisnis (perusahaan) pada tahun 2007 membuat anggaran pendapatan dan biaya yang akan dilaksanakan pada tahun 2008. Organisasi bisnis tersebut tidak memiliki informasi cukup untuk memastikan peristiwa yang akan terjadi pada tahun 2008. Oleh karena itu, perusahaan tersebut harus membuat perkiraan-perkiraan kejadian pada tahun 2008 yang akan mempengaruhi perencanaan yang dibuat. Perusahaan harus membuat perkiraan penjualan dan harga barang tahun 2008 untuk menentukan penerimaan pada tahun 2008. Perusahaan membuat perkiraan harga bahan baku, biaya overhead pabrik, biaya tenaga kerja langsung, dan biaya-biaya lainnya untuk menentukan biaya pada tahun 2008. Penerimaan dan biaya tahun 2008 yang dibuat oleh perusahaan pada tahun 2007, tentu saja merupakan perkiraan.Karena, besaran-besaran yang dipergnakan untuk menentukan penerimaan dan biaya tersebut berasal dari hasil perkiraan.

https://9apps.id/