Review Lengkap Fujifilm XA5 dan X-T100

Pada tahun 2018, Fujifilm merilis kamera mirrorless Fujifilm XA5 terbaru, dari seri XA. Dengan desain kamera retro klasik, antarmuka yang mudah digunakan dan layar sentuh, Fujifilm tampaknya ditujukan untuk pengguna kamera pemula melalui varian model Fujifilm XA5. Selain XA5, ada juga varian berbeda dari X-T100 dalam seri X-T, yang merupakan Donna pertama Fujifilm.

Untuk detail lebih lanjut tentang apa perbedaan antara kamera dan kelebihan dan kekurangan dari dua kamera yang diproduksi oleh Fujifilm ini, melalui artikel ini saya akan menganalisis kedua kamera secara lebih mendalam.

Fujifilm XA5

Dalam hal penampilan, Fujifilm XA5 mempertahankan tampilan retro dengan layar sentuh LCD 3 inci yang dapat dilipat 180 derajat ke depan untuk membuat selfie dan vlog menjadi mudah. Dan dilengkapi dengan lensa XC 15-45mm terbaru Fujifilm dengan sistem zoom elektronik.

Keberadaan jack mikrofon eksternal memudahkan bagi Anda yang ingin membuat catatan registrasi untuk menambahkan mikrofon eksternal untuk merekam suara yang jernih. Resolusi 4K adalah fitur tambahan pada kamera mirrorless Fujifilm XA5. Fujifilm XA5 dapat merekam selama 5 menit pada frame rate maksimum 5 menit dalam resolusi 4K (3840 x 2160), untuk Full HD (1920 x 1080), dapat merekam pada frame rate 60/50/24 fps.

Sementara XA3 menawarkan lebih sedikit dalam hal spesifikasi video karena hanya akan dapat merekam Full HD maksimum (1920 x 1080) pada 30/25/24 fps. Sementara sensitivitas ISO lebar XA5 bervariasi dari 200 hingga 12800.

Fujifilm X-T100

Dalam hal model, X-T100 adalah X-A5 dalam paket yang berbeda. Spesifikasi sensor untuk baterai hampir sama. Seperti X-A5, X-T100 menggunakan sensor APS-C 24-megapiksel yang khas, bukan X-Trans berlabel seperti kamera Fujifilm lainnya, yang menempati wilayah menengah ke atas.

Sensor ini disertai dengan sistem fokus otomatis deteksi fase-91 (PDAF) 91-titik, dan kinerja pemotretan burst-nya mencapai 6 fps. Resolusi video maksimum yang dapat direkam adalah 4K, hanya 15 fps. Sekali lagi, sama seperti X-A5, paket baterai diklaim dapat menangkap hingga 430 foto.

Perbedaan antara Fujifilm XA5 dan Fujifilm X-T100

Apa yang membedakan Fujifilm XA5 dan Fujifilm X-T100 adalah desainnya. X-T100 mengadopsi gaya DSLR, yang mencakup X-T20 dan X-T2, dan itulah alasan di balik penamaannya. Dengan panel resolusi OLED 2,36 juta titik untuk membantu pengguna menyesuaikan komposisi ketika matahari cerah, “lompatan” di atas lensa menaungi jendela bidik elektronik.

Jika Anda memperhatikan, panel depan terlihat sangat bersih, bahkan pegangan manual tidak ada. Tapi jangan khawatir, karena Fujifilm cukup berbaik hati untuk menyediakan aksesori pegangan tangan yang bisa dilepas dalam paket penjualan. Kemudian, ketika Anda melihat panel atas, kontrol pada X-A5 menunjukkan keunggulan X-T100.

Bagian ini memiliki kenop putar X-T100 tambahan, yang terletak di sisi kiri dengan tuas untuk membawa flash LED. Kembali ke panel belakang, desainnya terlihat sangat mirip, tetapi ternyata layar sentuh 3 inci sangat jelas, artinya sisi kiri dapat dibuka dan kemudian diputar 360 derajat. Di tempat lain, Anda akan menemukan fitur yang mirip dengan X-A5, termasuk konektivitas Bluetooth selain Wi-Fi.

Awal tahun ini, J.D.I.D. Dia menawarkan promosi yang luar biasa dengan headline Fujifilm Festival untuk pelanggan. Melalui festival ini, pelanggan yang membeli kamera Fujifilm dapat menghemat hingga 4,3 juta. Hanya J.D.I.D. Untuk promosi JDID luar biasa lainnya segera. beli

Sumber: https://tokokamera.co.id/

Baca juga: