Perbedaan Metode Bercakap-Cakap Dengan Tanya Jawab

Perbedaan Metode Bercakap-Cakap Dengan Tanya Jawab

Pada metode bercakap-cakap interaksi yang terjadi antara guru dengan anak didik, atau antara anak  dengan anak bersifat menyenangkan berupa dialog yang tidak kaku. Topik percakapan dapat bebas ataupun ditentukan. Dalam percakapan tersebut, guru bertindak sebagai fasilitator, artinya guru lebih banyak memotivasi anak dengan harapan anak lebih aktif dalam mengemukakan pendapatnya atau mengekpresikan secara lisan.

Sedangkan pada metode Tanya jawab, interaksi antara guru dan anak didik, atau antara anak dengan anak bersifat kaku, karena sudah terikat pada pokok bahasan. Dialog terjadi karena ada yang harus ditanyakan dan ada yang menjawab dengan benar.

Metode Pemberian Tugas

  1. Pengertian Metode Pemberian Tugas

Menurut Moeslichatoen (Wati,  2012), “Metode pemberian tugas  merupakan tugas atau pekerjaan yang  sengaja diberikan kepada anak TK yang  harus dilaksanakan dengan baik. Tugas itu  diberikan kepada anak TK untuk memberi  kesempatan kepada mereka untuk menyelesaikan tugas yang didasarkan pada  petunjuk langsung dari guru yang sudah dipersiapkan sehingga anak dapat  menjalani secara nyata dan melaksanakan  dari awal sampai tuntas. Tugas yang  diberikan kepada anak dapat diberikan  secara perorangan atau kelompok (Kurikulum Taman kanak-Kanak, 1986:10)”.

Sujiono  (2007:77) menyatakan bahwa metode  pemberian tugas adalah metode yang memberikan kesempatan kepada anak  melaksanakan tugas berdasarkan petunjuk langsung dari guru, apa yang harus  dikerjakan, sehingga anak dapat  memahami tugasnya secara nyata agar  dapat dilaksanakan secara tuntas. Metode  pemberian tugas dapat diberikan secara  berkelompok atau perorangan. Sedangkan menurut Gunarti  (2008:73), metode pemberian tugas  merupakan tugas atau pekerjaan yang  sengaja diberikan kepada anak yang harus  dilaksanakan dengan baik.

Berdasarkan beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa metode pemberian tugas merupakan salah satu metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru dalam proses pembelajaran baik  dalam bentuk tugas-tugas di sekolah ataupun di rumah untuk melatih tanggung jawab anak dan melatih seberapa besar pemahaman anak terhadap materi yang diberikan.

Baca juga: