Pentingnya Manajemen Aset

Terkait dengan berbagai sistem yang memantau dan memelihara berbagai aspek (aktif) yang berharga dari suatu entitas atau kelompok. Aset yang akan dikelola adalah aset berwujud, seperti bangunan dan aset tak ternilai, seperti hak asasi manusia, kekayaan intelektual, niat baik, dan aset keuangan. Proses sistematis ini dilakukan untuk mengembangkan, mengoperasikan, memelihara, dan memaksimalkan manfaat kepemilikan dengan biaya efektif yang terkait dengan pencatatan transaksi keuangan.

Advertisements

Dalam ruang akuntansi, manajemen aset umumnya dilakukan untuk mengelola investasi atas nama orang lain. Misalnya, manajer investasi yang mengelola aset dana pensiun. Dalam perspektif ekonomi, aset adalah barang atau benda yang dimiliki oleh individu atau entitas dengan nilai ekonomi, nilai komersial, dan nilai tukar.

Tujuan manajemen aset

Tujuan dari manajemen aset adalah untuk menjaga aset tetap tinggi dan membawa umur panjang dengan memenuhi biaya operasi yang tepat sehingga produktivitas yang tinggi dapat diproduksi secara efektif. Manajemen aset, tidak seperti manajemen kas kecil, harus dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan Anda dengan menegakkan hukum dan aspek keamanan sehingga Anda dapat menciptakan citra yang baik bagi orang-orang. Keberadaan manajemen aset dapat membantu aset untuk memberikan layanan secara optimal, efektif dan efisien, termasuk perencanaan, pembelian, penggunaan, pemanfaatan, optimalisasi, penghapusan, manajemen risiko dan biaya selama siklus hidup aset. Dengan manajemen properti, Anda dapat mempelajari kejelasan kepemilikan properti sehingga pemiliknya tidak menghadapi masalah hukum dalam penggunaan properti mereka.

Pentingnya manajemen aset bagi Perusahaan

Manajemen aset yang baik untuk perusahaan dapat mengurangi angka biaya dan meningkatkan pendapatan tunai (tunai). Manajemen aset adalah bagian integral dari manajemen aset yang mencakup manajemen di semua tingkatan sehingga dapat diterapkan dengan benar di semua departemen perusahaan. Berikut ini adalah uraian penting tentang manajemen aset bagi perusahaan.

A. Nilai aset dipertahankan

Perusahaan membutuhkan manajemen aset yang baik untuk menjaga nilai properti. Semua risiko yang terkait dengan properti, seperti dampak, kehilangan, atau kerusakan, dapat dikurangi atau dihindari untuk memperpanjang umur properti. Untuk menjaga nilai aset, diperlukan tambahan biaya operasional pribadi sehingga produksi dalam bentuk barang atau jasa dimaksimalkan dan diproduksi sesuai dengan tujuan perusahaan, sehingga diperlukan sistem akuntansi perusahaan yang baik.

B. Keamanan dan integritas properti dijaga.

Sejumlah besar aset di perusahaan tidak dapat dikendalikan dan dilindungi satu per satu. Penerapan manajemen aset dapat mengurangi aset atau kerugian perusahaan sehingga aset-aset ini diasuransikan secara memadai dan aman.

C. Penyusutan aset dapat dipantau

Risiko yang harus dipertimbangkan ketika menggunakan aset tetap adalah devaluasi. Depresiasi biasanya merupakan fungsi dan nilai dari setiap aset, sehingga manajemen aset diperlukan untuk mengendalikannya. Menurut siklus akuntansi, jenis-jenis laporan keuangan harus mencakup laporan aset yang terkait dengan nilai uang yang dimiliki perusahaan.

D. Membeli properti tidak harus seperti ini

Manajemen aset juga mengendalikan pembelian yang berlebihan dan tidak perlu oleh perusahaan dengan menerapkan akuntansi biaya yang berlebihan. Setiap perusahaan harus membuat anggaran biaya yang memadai untuk memprioritaskan pembelian barang dan menghemat biaya.

E. Anggaran sederhana

Perusahaan juga memfasilitasi realisasi konsep penganggaran dasar dalam bentuk konstruksi, pembelian aset, dan pemeliharaan aset yang terkait dengan pembiayaan aset. Oleh karena itu, perusahaan dapat mengetahui aset mana yang harus diperpanjang atau dihancurkan.

F. Risiko dapat dikelola

Perusahaan manajemen risiko memiliki metode untuk mengidentifikasi, menganalisis, mengevaluasi, mengendalikan, mengabaikan, meminimalkan, dan meminimalkan ancaman (risiko). Manajemen risiko ini sangat penting untuk meningkatkan kesadaran perusahaan akan risiko dan risiko dari aset yang dimiliki oleh perusahaan. Penerapan manajemen risiko juga sangat berguna bagi perusahaan untuk mengelola ketidakpastian, karena perusahaan dapat mengendalikan dan memitigasi sebagai fungsi akuntansi.

Perusahaan yang menerapkan manajemen aset juga harus menerapkan manajemen risiko untuk melindungi aset dari berbagai ancaman yang tidak terduga. Aplikasi manajemen aset kadang-kadang seharusnya dimiliki.

Sumber: https://guruakuntansi.co.id/

Baca juga: