Pengaturan untuk Analisis

Pengaturan untuk Analisis

Satu tim mungkin mengevaluasi usulan yang sangat besar dan penting, dan proses tersebut mungkin memerlukan waktu satu tahun atau lebih. Bahkan untuk ususlan yang kecil, sejumlah besar diskusi biasanya terjadi antara pengusul dengan staf kantor pusat. Selusin eksekutif fungsional maupun lini mungkin menandatangani usulan penting ebelum diserahkan ke CEO. CEO mungkin mengembalikan usulan tersebut untuk dianalisis lebih lanjut beberapa kali sebelum membuat keputusan akhir untuk menjalankan atau menolak proyek tersebut. Sebagaimana dicatat sebelumnya, keputusan untuk lanjut mungkin memerlukan serangkaian pengenmbangan dan pengujian halangan untuk dilakukan sebelum implementasi penuh.

Dalam sistem pakar (expert systems) yang merupakan bidang yang berkembang cepat, menggunakan software komputer dalam analisis dan usulan program. Software baru tersebut memungkinkan setiap partisipan didalam tim yang mempertimbangkan suatu usulan untuk memberikan suara, dan untuk secara eksplisit memeringkat, masing-masing kriterial yang digunakan untuk menilai proyek tersebut. Komputer tersebut membuat tabulasi atas hasilnya dan mengungkapkan inkonsistensi atau kesalahpahaman serta mempertanyakannya.

Perencanaan mengumpulkan proyek yang disetujui selama tahun tersebut untuk dimasukkan dalam anggaran modal. Ada batas waktu dalam hal bahwa anggaran modal untuk tahun depan memiliki batas waktu. Jika suatu usulan tidak memenuhi batas waktu tersebut, maka persetujuan formalnya dapat menunggu sampai tahun berikutnya, kecuali jika ada situasi yang tidak biasanya.

2.3  MENGANALISIS PROGRAM-PROGRAM YANG SEDANG BERJALAN

2.3.1 Analisis Rantai Nilai

Dariperspektif perencanaan strategis, konsep rantai nilai menyoroti tiga bidang yang pontensial berguna:

  1. Hubungan dengan pemasok
  2. Hubungan dengan pelanggan
  3. Hubungan proses di dalam rantai nilai dari perusahaan tersebut

    RECENT POSTS