Pasca pernikahan

Pasca pernikahan

Pasca pernikahan

Setelah upacara pernikahan selesai, ada beberapa acara bebas lagi (tarian) yang biasanya dilakukan oleh masyarakat Ende. Diantaranya yakni :

  • Toja

Toja artinya menari. Kelompok penari menarikan sebuah tarian yang telah ditatar dalam bentuk ragam dan irama musik/lagu untuk suatu penampilan yang resmi.

Banyak macam tarian yang ditemui, yakni wanda, gawi,wedho.

 

II.VII  Prinsip-prinsip keturunan dalam masyarakat hukum adat

  • System Kekerabatan Patrilineal

System Kekerabatan Patrilineal  adalah Suatu adat masyarakat yang system kekerabatannya berasal dari pihak ayah. System kekerabatan ini dianut oleh bangsa Eropa,Arab,dan suku Batak yang hidup di daerah Sumatra Utara.

  • System Kekerabatan Matrilineal

System Kekerabatan Matrilineal  adalah Suatu adat masyarakat yang system kekerabatannya berasal dari pihak ibu.System kekerabatan ini dianut oleh Suku Indian di Apache Barat,Suku Navajo,Tiongkok,Suku Pueblo,Suku Crow,Suku Meghalaya,India Timur Laut,Suku Nakhi di Provinsi Sichuan, Yunnan, beberapa suku kecil di kepulauan  Asia Pasifik dan suku Minangkabau di Sumatra Barat.

  • System Kekerabatan Parental/Bilateral

System Kekerabatan Parental/Bilateral  adalah System Kekeluargaan dengan menarik garis keturunan dari kedua belah pihak orang tua.Yaitu baik dari garis Ayah maupun garis Ibu.System kekerabatan ini dianut oleh banyak daerah di negara Indonesia seperti  Jawa,Madura,Sumatra Timur, Riau,Aceh,Sumatra Selatan, Seluruh Kalimantan,Seluruh Sulawesi,Ternate dan Lombok.

Dari beberapa prinsip tersebut, masyarakat Ende menganut sistem kekerabatan Patrilineal.