Mengenal Good Girl Syndrome

Bagi sebagian orang, sumber kebahagiaan mereka adalah orang yang baik dan menyenangkan orang lain. Namun, jika semuanya tampak seperti permintaan, ini bisa menjadi tanda bahwa Anda memiliki sindrom gadis yang baik, suatu kondisi yang benar-benar membutuhkan kebahagiaan.

Apa itu Good Girl Syndrome?

Pasangan yang depresi membantu
Selama masa kecil Anda, pernahkah Anda dinasihati untuk menjadi anak yang baik? Orang tua pada umumnya memiliki harapan yang sama untuk anak-anak mereka, yang selalu patuh, disiplin, dan mengutamakan orang lain, tidak egois.

Mari kita berharap bahwa anak-anak menjadi individu yang baik, terkadang bahkan sebagai guru dan lingkungan. Di mana pun mereka berada, anak-anak ini akan selalu diminta untuk bersikap sopan, peduli, dan hormat.

Tidak ada yang salah di dalamnya. Pada dasarnya, orang tua ingin anak-anak mereka menjadi orang yang diterima dengan baik di masyarakat. Menurutnya, cara nyata untuk mencapai tujuan ini adalah mencoba untuk menyenangkan orang lain.

Sikap positif yang ditanamkan sejak kecil benar-benar berkualitas untuk diri sendiri. Namun, masalah juga muncul ketika harga diri sepenuhnya didasarkan pada kebahagiaan orang lain. Ini adalah pendahulu dari Good Girl Syndrome.

Anda akan terus menggunakan perasaan dan keinginan Anda sendiri untuk menyenangkan orang lain. Dia juga sangat terkesan dengan komentar orang lain sehingga dia mengabaikan pendapat mereka. Mungkin sulit bagi Anda untuk mengatakan tidak kepada orang lain.

Bahkan jika Anda bahagia ketika Anda membuat orang lain bahagia, Anda tidak bisa melakukan ini selamanya. Jika Anda terus memberi tanpa mendapatkan apa yang Anda inginkan, lambat laun Anda akan lelah dan lelah.

Orang yang mengalami sindrom gadis baik pada umumnya takut mengecewakan orang lain. Mereka cenderung lebih patuh dan lebih tenang karena mereka takut pendapat mereka akan menyakiti orang lain.

Ini hanya beberapa contoh karakteristik sindrom gadis yang baik. Menanamkan nilai-nilai yang sangat kuat sejak kecil terkadang membuat orang tidak menyadari bahwa mereka memenuhi harapan orang lain.

Berikut adalah karakteristik lain yang menunjukkan Anda memiliki sindrom gadis yang baik.

  • Selalu ada bahaya mengganggu atau mengganggu orang lain.
  • Perfeksionis dan selalu dituntut untuk unggul.
  • Banggalah pada diri sendiri ketika Anda dapat membantu orang lain, bahkan ketika Anda merasa tidak nyaman.
  • Sulit untuk mengatakan tidak dan mengungkapkan apa yang Anda inginkan.
  • Sangat melekat pada jadwal dan teratur.
  • Hindari konflik karena Anda merasa tidak nyaman dengannya.
  • Ikuti aturan hal-hal kecil.
  • Khawatir tentang perubahan tak terduga.
  • Efek negatif dari sindrom gadis baik

Gangguan kecemasan sosial (fobia sosial)

Good girl syndrome adalah hambatan dalam banyak hal yang Anda impikan. Alasannya adalah Anda khawatir bahwa keputusan, kata-kata, atau tindakan Anda akan mengecewakan orang lain. Ini adalah perilaku yang menghambat perkembangan Anda.

Peran anak yang baik adalah nyaman. Anda semua tampaknya dilindungi dari konflik, penolakan, dan kritik yang menyakitkan. Ini benar karena semakin Anda mengikuti keinginan orang lain, semakin kecil kemungkinan Anda akan bertentangan dengan mereka.

Namun, itu akhirnya menjadi permintaan. Dia selalu terus memenuhi harapan orang lain tanpa menyadari keinginannya sendiri. Anda akan berdiri dan tidak berbicara ketika Anda diperlakukan tidak adil atau ketika Anda memiliki pendapat yang berbeda.

Anda mencoba membuat semuanya baik dan damai, tetapi Anda mengorbankan diri untuk mencapainya. Anda hidup dalam ketakutan akan penolakan dan orang lain yang memutuskannya. Bahkan, Anda bernilai lebih dari itu.

Bebas dari tuntutan menjadi orang baik.

Cintai dirimu sendiri
Good girl syndrome adalah kondisi yang kompleks, terutama jika Anda telah mengalaminya selama bertahun-tahun. Meski begitu, tidak pernah ada kata terlambat untuk keluar dari perangkap.

Berikut ini beberapa kiat untuk membantu Anda menyingkirkannya.

  • Katakan dengan jelas apa yang Anda inginkan.
  • Berlatihlah mengatakan tidak ketika Anda benar-benar tidak bisa membantu.
  • Berani dan berpegang teguh pada prinsip yang Anda miliki.
  • Jangan diam ketika orang lain tidak menghormati Anda.
  • Perlakukan orang lain seperti Anda ingin diperlakukan.
  • Mulailah belajar untuk berdamai dengan diri Anda sendiri.

Adalah baik untuk menjadi orang yang baik, kecuali jika Anda dipaksa untuk berubah demi kebaikan orang lain. Ketimbang memberikan kebahagiaan, sikap ini justru akan membuat Anda mengalami kelelahan.

Jadi sekarang adalah waktu untuk mengekspresikan apa yang dunia inginkan. Mengubah pola pikir yang tertanam selama bertahun-tahun tentu tidak mudah, tetapi itu tidak berarti bahwa itu tidak mungkin.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak memberikan saran medis, diagnosa atau perawatan. Silakan lihat halaman Kebijakan Editorial kami untuk informasi lebih lanjut.

Baca juga: