Mengenal Duck Syndrome

Mungkin ada beberapa teman di antara Anda yang hidupnya tampaknya sukses dan diberkati oleh banyak orang. Dia lulus dari universitas terkenal, mendapat pekerjaan di perusahaan terkenal, dan pada saat yang sama dapat menikmati pekerjaannya di media sosial.

Namun, siapa yang akan mengira bahwa semua ini di belakang ini ternyata teman Anda benar-benar penuh dengan begitu banyak beban? Sering disebut sindrom bebek, itu adalah penjelasan berikut.

Apa itu Duck Syndrome?

Sindrom bebek
Sumber: Kontra Pengajar Stanford
Duck syndrome adalah istilah yang mengacu pada perilaku di mana seseorang benar-benar kewalahan oleh banyak masalah, tetapi tampaknya baik-baik saja dari luar.

Istilah ini pertama kali digunakan oleh Universitas Stanford dan tampaknya telah menjadi masalah di kalangan mahasiswa. Istilah sindrom bebek berasal dari analogi renang bebek.
Iklan

Ketika bebek berenang, orang hanya melihat tubuh bagian atas mereka bergerak dengan tenang dan perlahan. Banyak dari mereka tahu bahwa ada kaki yang bergerak tidak teratur dengan kesulitan di bawah air.

Sindrom ini umum terjadi pada remaja yang masih di sekolah atau perguruan tinggi dan pada orang dewasa muda yang baru memulai karir mereka.

Mengapa Duck Syndrome terjadi?

Masalah kesehatan siswa baru
Masa-masa di sekolah menengah bisa menjadi awal timbulnya sindrom bebek. Bayangkan jika Anda adalah salah satu siswa terbaik di sekolah. Berbagai pujian dari guru dan teman telah dijadikan makanan sehari-hari.

Keberhasilan itu juga membuat Anda merasa lebih optimis dan lebih ambisius dalam memasuki perguruan tinggi. Penekanan juga ditempatkan pada menjaga citra Anda sebagai siswa teladan.

Sayangnya, konferensi ini tidak semudah yang Anda kira. Dengan sistem pendidikan yang berbeda, masalah yang lebih kompleks, dan permintaan akan persahabatan yang lebih luas untuk masa depan, Anda pada akhirnya akan mulai merasa kewalahan.

Namun, sekali lagi karena citra diri itu, Anda enggan menerimanya dan berusaha untuk tetap tenang dan berhasil melakukan segalanya. Tidak peduli seberapa lelah Anda, yang penting adalah Anda masih mendapatkan apa yang Anda inginkan.

Ini kurang lebih sama dengan orang dewasa muda yang baru memulai karir mereka. Dengan dunia yang lebih menuntut untuk menjadi produktif dan berkontribusi lebih baik untuk bisnis, mereka sering melepaskan emosi mereka dan terus memikirkan pekerjaan. Bahkan, ini terkadang membuat mereka melupakan batasan mereka.

Tidak ada yang mau berbicara tentang betapa sulitnya melakukan tugas, tidak ada yang mau mengakui bahwa seseorang baru saja ditegur oleh bos karena alasan yang memalukan, Duck Syndrome membuat mereka melakukan tugas yang tidak pernah mengalami kegagalan.

Selain itu, faktor-faktor eksternal juga dapat mempromosikan munculnya sindrom bebek. Beberapa dari mereka adalah naluri orang-orang dekat yang sering bangga dengan prestasi mereka dan mengasuh helikopter.

Orang tua yang selalu secara tidak langsung memonitor semua tindakan anak-anak mereka dapat memancing perasaan gagal.

Bagaimana cara mengatasinya?

Stres ibu rumah tangga
Meskipun ini bukan diagnosis resmi dalam dunia psikologi, sindrom bebek telah menjadi masalah yang harus diatasi. Jika dibiarkan, perilaku ini dapat menyebabkan kebiasaan yang tidak diinginkan yang mendorong tubuh untuk terus bergerak melampaui kemampuannya.

Selain itu, sindrom ini juga dapat menyebabkan gangguan kecemasan dan depresi. Apalagi jika mereka gagal, mereka langsung merasa seolah-olah dunia sudah berakhir.

Jika Anda mulai mengalami gejala seperti yang dijelaskan dan hidup Anda mulai terpengaruh, hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah menjalani psikiatri atau terapi wicara.

Dalam sesi terapi ini, Anda dapat mendedikasikan semua perasaan dan kekhawatiran Anda untuk banyak hal. Nantinya, terapis atau psikolog akan membantu Anda menemukan solusi bersama.

Pilihan lain adalah terapi interpersonal, di mana terapis akan membantu Anda mengembangkan kemampuan untuk berurusan dengan emosi dan hal-hal yang berinteraksi secara efektif.

Juga, perlu diingat bahwa perawatan yang akan diterima pada setiap orang mungkin berbeda. Mengingat bahwa Duck Syndrome bukan gangguan fisik resmi, psikolog akan menghilangkannya dengan menggunakan pendekatan yang sesuai untuk kondisi seperti gangguan kecemasan atau stres kronis.

Sindrom bebek cenderung menyerang mereka yang mengejar kesuksesan. Tetapi sebelum itu terjadi, Anda dapat mengambil tindakan pencegahan ketika mengambil pelatihan manajemen stres. Manfaatkan juga layanan kesehatan mental, seperti konseling di sekitar Anda.

Baca juga: