Mekanisme Molekuler Kendalikan Jam Tubuh Manusia

Mekanisme Molekuler Kendalikan Jam Tubuh Manusia

Mekanisme Molekuler Kendalikan Jam Tubuh Manusia
Mekanisme Molekuler Kendalikan Jam Tubuh Manusia

SUDAH sering kita dengar jika organisme hidup, termasuk manusia, memiliki jam internal biologis. Jam itu membantu makhluk hidup mengantisipasi dan beradaptasi dengan ritme teratur setiap harinya. Namun, bagaimanakah jam biologis itu bekerja, adakah mekanisme yang mengatur?

Hal itulah yang diungkap tiga ilmuwan Amerika Serikat, Jeffrey C Hall, Michael Rosbash, dan Michael W Young. Berkat pengungkapan mekanisme molekuler yang mengendalikan jam tubuh manusia (ritme sirkadian) itu pun mereka diganjar Hadiah Nobel 2017 untuk bidang fisiologi atau kedokteran.

Komite Nobel mengatakan penelitian yang dilakukan ketiga ilmuwan ini sangat berpengaruh pada kesehatan dan kesejahteraan manusia. Penemuan ini menjelaskan bagaimana tanaman, hewan, dan manusia menyesuaikan ritme biologisnya sehingga selaras dengan gerakan bumi.

Berbagai penelitian telah dilakukan untuk mengetahui proses ‘mengatur ulang’ ritme alami tubuh, tetapi tidak ada yang secara efektif merinci jam biologis kita pada tingkat molekuler.

Manusia memiliki jam tubuh yang telah diatur sedemikian rupa

, seperti jam makan, jam tidur, dan jam bekerja.

Ritme sirkadian dalam tubuh manusia

Jeffrey, Rosbash, dan Young menggunakan lalat buah sebagai organisme model, lalu mengisolasi gen yang mengontrol ritme biologis harian. Mereka menunjukkan gen ini mengode sebuah protein yang akan terakumulasi dalam sel di malam hari dan kemudian didegradasi di siang hari.

Dalam temuan mereka juga teridentifikasi komponen protein tambahan

yang memperlihatkan mekanisme yang mengatur jam kerja mandiri di dalam sel. Para ilmuwan kini menyadari jam biologis berfungsi dengan prinsip yang sama pada sel organisme multiseluler lainnya, termasuk manusia.

Jam tubuh atau ritme sirkadian mendorong perubahan besar dalam cara tubuh

manusia berfungsi. Suasana hati, tingkat hormon, suhu tubuh dan metabolisme berfluktuasi dalam ritme sehari-hari.

 

Baca Juga :