Manfaat Temulawak

Jahe banyak dikenal sebagai campuran jamu atau obat tradisional. Nenek moyang menggunakan jahe sebagai makanan pembuka. Apa manfaat jahe bagi kesehatan? Sebuah komedi dengan nama Curcuma xanthorrhiza imiah termasuk pertemuan suku. Tanaman tersebut berasal dari Pulau Jawa yang kemudian menyebar ke seluruh Indonesia hingga mancanegara.

Jahe bisa tumbuh subur di dataran rendah, dengan ketinggian maksimal 1.500 meter di atas permukaan laut. Habitat khusus jambu biji ditemukan di hutan tropis. Jahe bisa mencapai hingga 2 meter dan memiliki rimpang berwarna coklat tua. Aroma jahe ini sangat istimewa.

Zat yang terkandung di dalam jahe

Khasiat jahe sudah dikenal masyarakat Indonesia sejak jaman dahulu kala. Namun tidak banyak orang yang mengetahui bahwa ada substansi di dalamnya. Di bawah ini 8 bahan kimia pada jahe yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

  • Kunyit dan sabar
    Jahe mengandung kunyit dan pasien membuktikan masalah pencernaan. Jadi bila mengalami masalah pencernaan, jahe bisa dijadikan obat. Jahe mengambil pati kemudian diolah menjadi makanan yang enak. Dengan pemakaian rutin, masalah pencernaan bisa teratasi. Nafsu makan juga meningkat, kemungkinan sembelit.
  • Kurkumin
    Kurkumin merupakan senyawa kimia yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Penyalahgunaan untuk pasien kanker. Dengan mengkonsumsi 500 gram per hari dapat menurunkan gula darah dan mengurangi lemak dalam tubuh manusia. Kurkumin juga dapat menyerap radikal bebas.
  • Zat
    Dalam jahe terdapat unsur religi yang dapat digunakan untuk enzim glutanat transaminase piruvat dan enzim glutamat. Ini berguna untuk menjaga kesehatan liver.
  • Serat
    Serat pada jahe dapat memulihkan kebugaran tubuh Anda
    Minyak esensial
    Jahe tersedia dalam 6 – 10% minyak esensial yang berguna untuk meningkatkan fungsi ginjal.
  • Phelandren
    Fungsinya membantu menghilangkan racun melalui diabetes
    Kalimantan
    Senyawa tersebut dapat digunakan untuk memulihkan kesehatan tubuh akibat penyakit.

Sebelas manfaat jahe

Manfaat jahe sangatlah besar. Namun berikut 11 manfaat penting yang perlu Anda waspadai.

  • Mulailah ASI
    Untuk ASI ASI dengan 20 gram rimpang jahe, diparut, diperas, disaring, direbus hingga empuk, dan dinginkan. Minum 2 sendok makan campuran madu setiap pagi dan rasanya sakit.
  • Merangsang nafsu makan
    Minyak esensial karsinogenik khusus dapat merangsang nafsu makan.
  • Mencegah penggumpalan darah
    Kandungan kurkumin dapat menghambat penggunaan tromboksan B-2 (pembekuan darah), sehingga mencegah penggumpalan darah.
  • Menjaga kesehatan fungsi hati
    Ekstrak jahe merupakan sumber produksi cairan empedu di hati dan membantu membersihkan kantong empedu, fungsinya tetap terjaga.
  • Mengurangi lemak darah
    Adanya kurkuminoid pada jahe dapat menurunkan trigliserida dan kadar kolesterol total sehingga mengurangi lemak.
  • Mengurangi arthritis dan nyeri
    Jahe bisa menggunakan radang sendi dan rasa sakit yang disebabkan oleh senyawa kurkumin.
    Meningkatkan fungsi pencernaan
    Untuk meningkatkan aktivitas cairan dalam lambung dan membantu proses metabolisme pencernaan, konsumsi bubuk rimpang jahe.
  • Obati batu ginjal
    Resepnya sebagai berikut, jahe sebesar ibu jari ditambah 3 lembar daun kumis kucing dan meniran, kemudian direbus dengan 3 gelas udara. Minumlah setiap pagi dan rasanya sakit.
    Menyembuhkan kram menstruasi
  • Atasi jerawat

Ini adalah antioksidan yang menjaga kesehatan tubuh dan melawan radikal bebas
Di atas mencakup 11 manfaat penting jahe bagi kesehatan. Selain manfaat di atas, mungkin masih banyak manfaat jahe yang belum ditemukan.