Manfaat Berselancar di Laut Untuk Kesehatan

Berselancar di Laut Aka adalah kesenangan dan memiliki manfaatnya. Padahal, olahraga dikatakan bermanfaat bagi kesehatan mental. Mari kita lihat bagaimana berselancar di lautan membantu menjaga kesehatan mental Anda.

Manfaat berselancar untuk kesehatan mental
Manfaat berselancar
Seperti yang Anda ketahui, olahraga memiliki manfaat kesehatan, termasuk kesehatan mental. Berjalan dapat berkisar dari berjalan ke yoga hingga terapi fisik yang dapat meningkatkan fungsi kognitif dan kesehatan mental lainnya.

Salah satu jenis latihan yang dilakukan secara khusus sebagai terapi fisik, terutama di Indonesia, adalah berselancar atau berselancar di laut. Ini juga dibahas dalam sebuah artikel yang diterbitkan di Frontiers for Young Minds.
Iklan

Artikel ini menunjukkan beberapa manfaat yang dapat diperoleh dengan berlayar di laut untuk kesehatan mental, terutama dengan PTSD. Pasien yang menderita PTSD atau gangguan stres pasca-trauma umumnya menerima perawatan dalam bentuk obat-obatan dan terapi wicara.

Namun, keduanya tidak bekerja untuk waktu yang singkat, dan pasien memerlukan metode lain untuk membantu mengatasi masalah mental. Oleh karena itu, satu opsi yang dilakukan dokter adalah merekomendasikan navigasi untuk pasien mereka.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa berselancar dapat menjadi pengobatan alternatif untuk gangguan mental.

1. Anda dapat berinteraksi dengan alam.

Salah satu alasan mengapa berselancar memiliki manfaat kesehatan mental adalah olahraga memungkinkan Anda berinteraksi dengan alam. Olahraga yang dikelilingi oleh alam memiliki efek positif pada kesehatan fisik dan mental.

Seperti dilansir Harvard Health, ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa berjalan di tengah alam dapat mengurangi tingkat stres dan kecemasan. Masih belum jelas mengapa kondisi ini terjadi. Namun, ada kemungkinan hal ini terkait dengan aktivitas otak.

Lihat, otak adalah pengatur suasana hati. Beberapa orang yang menghabiskan waktu di tengah-tengah alam membantu meningkatkan fungsi mantel dan bagian-bagian prefrontal untuk fokus. Kedua faktor tersebut menghasilkan penurunan hormon kortisol.

Sementara itu, dengan mendengarkan suara alam seperti selancar dan aktivitas fisik yang terjadi di air, efek menghabiskan waktu di antara alam akan semakin besar. Karena itu, tingkat kelelahan mental yang dialami peselancar mungkin lebih rendah.

2. Menurut hasil risiko

Manfaat berselancar
Berselancar di tengah lautan bisa tampak berbahaya karena menentang gelombang besar yang bisa menenggelamkannya. Namun, alasan lain untuk manfaat kesehatan mental dari berselancar adalah karena risikonya konsisten dengan hasil yang diperoleh.

Ketika seseorang menjelajah, ia membutuhkan keterampilan mental dan fisik dalam lingkungan yang berubah. Berselancar juga berkomitmen untuk menghadapi bahaya yang ditimbulkan oleh papan selancar. Namun, setelah berhasil menyelesaikan tantangan, Anda akan senang ketika Anda mengemudi dengan sangat sukses.

Ketika seseorang bahagia, tubuh mengeluarkan dopamin, yang membantu mengendalikan kesehatan mental. Ini adalah bahan kimia yang memungkinkan Anda mengalami kebahagiaan, kepuasan, dan emosi.

Pengalaman menyenangkan saat berselancar di laut ini akhirnya membantu mengurangi tingkat frustrasi dan ketidaknyamanan dibandingkan dengan populasi umum. Karena itu, berselancar dapat meningkatkan kebahagiaan mereka yang mengalami PTSD.

Dopamin bertanggung jawab untuk memungkinkan Anda mengalami sukacita, kepuasan, dan motivasi. Ketika Anda merasa senang telah mencapai sesuatu, itu adalah gelombang dopamin di otak Anda.

3. Membutuhkan intensitas tinggi untuk bergerak

Selain itu, berselancar adalah kegiatan yang membutuhkan banyak aktivitas fisik dan energi. Selain itu, berselancar juga menghadirkan banyak tantangan berbeda. Melakukan hal itu menguntungkan Anda secara mental.

Mulai membawa papan selancar, mendayung di tengah lautan sambil menyaksikan ombak, untuk menjaga keseimbangan yang dibutuhkan saat berselancar. Menurut laporan dari Yayasan Kesehatan Mental, aktivitas fisik dapat melepaskan bahan kimia di otak yang membuat tubuh merasa lebih baik.

Bahkan, bahkan olahraga seperti berselancar di lautan dapat meningkatkan kepercayaan diri dan menciptakan suasana hati yang lebih baik. Ini karena aktivitas fisik mengubah aktivitas di amigdala dan hippocampus yang terlibat dalam respons ketika stres datang dan terasa terancam.

Selain itu, aktivitas fisik juga dapat meningkatkan ukuran hippocampus dan memberi sinyal amigdala agar berada dalam posisi aman. Berbagai alasan mengapa berselancar memberikan manfaat bagi kesehatan mental, karena melibatkan aktivitas fisik dengan intensitas tinggi.

Baca juga: