Latar Belakang

 Latar Belakang

Puasa adalah karakteristik moral dan spiritual yang unik dalam Islam. Secara harfiah Puasa dalam islam didefinisikan untuk menjauhkan diri “sepenuhnya” dari makanan, minuman, hubungan intim dan merokok, mulai dari dari fajar sampai matahari terbenam. Puasa merupakan suatu kewajiban yang harus dikerjakan semua orang beriman, tanpa kecuali. Akan tetapi Allah SWT mewajibkan puasa tersebut melihat situasi dan kondisi pada setiap orang yang mengerjakannya. Puasa yang diwajibkan pada setiap pribadi muslim, yaitu puasa di bulan Ramadhan bulan kesembilan dalam tahun Islam, disebut Ramadhan karena dapat membakar dosa-dosa dengan memperbanyak amal sholeh.

Puasa tidak hanya mengenai lapar fisik dan haus yang merupakan puasa Muslim, tetapi malam sebelum awal puasa memperoleh karakter yang jauh lebih penting dan memainkan peran sentral dalam institusi puasa. Kaum Muslim bangun berjam-jam sebelum fajar untuk berdoa dan mengingat Allah. Juga Al-Quran dibacakan di setiap rumah Muslim lebih banyak dibandingkan hari-hari biasa. Sebagian besar dari malam demikian dihabiskan dalam latihan spiritual yang membentuk diri sehingga puasa jadi lebih bermakna.

Pada siang hari, selain menahan dari makanan dan air, semua umat Islam terutama didesak dari bicara sia-sia, pertengkaran dan perkelahian, atau dari pekerjaan seperti di bawah martabat seorang mukmin sejati. Tidak mengumbar kesenangan duniawi diperbolehkan, bahkan suami dan istri di siang hari menjalani kehidupan yang terpisah, kecuali untuk hubungan manusia formal yang umum untuk semua orang.

1.2  Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah yang dikemukakan di atas, terdapat beberapa rumusan masalah erat kaitannya dengan Puasa, yaitu sebagai berikut:

  1. Apa makna Puasa dalam Islam?
  2. Bagaimana hukum Puasa?
  3. Apa keutamaan Puasa Ramadhan?
  4. Apa kewajiban di Bulan Ramadhan?
  5. Apa saja yang termasuk Syarat, Rukun, dan hal-hal yang membatalkan Puasa?
  6. Beberapa faedah Puasa?

1.3   Tujuan Penulisan

Adapun tujuan dalam penulisan makalah ini, adalah sebagai berikut:

  1. Untuk memenuhi tugas mata kuliah Al-Islam dan Kemuhammadiyahan II.
  2. Menjelaskan arti pentingnya Puasa bagi setiap Muslim.
  3. Membangun rasa kesadaran untuk melaksanakan Puasa Wajib dan Sunat.
  4. Menjadikan Puasa sebagai salah satu media untuk memperbaiki diri.
  5. Agar manusia bertakwa dan mampu menahan hawa nafsunya.

 

BAB 2

PUASA

 

Sumber :

https://mhs.blog.ui.ac.id/abd.jalil/gb-whatsapp-apk/