KETEKUNAN MEMPENGARUHI KARAKTER

KETEKUNAN MEMPENGARUHI KARAKTER

KETEKUNAN MEMPENGARUHI KARAKTER
KETEKUNAN MEMPENGARUHI KARAKTER

Ketekunan Menyingkirkan Sifat Tercela

Tekun bermanfaat untuk menghilangkan sifat-sifat tercela dalam diri seseorang, seperti malas dan rendah hati

Ketekunan Menumbuhkan Dan Mengembangkan Karakter Terpuji

  • Disiplin
  • Pantang menyerah dan kerja keras
  • Percaya diri
  • Ikhlas
  • Jujur
  • Patuh dan taat peraturan
  • Menumbuhkan jiwa sabar bagi setiap manusia

Macam – macam Perilaku Tercela

Agar dapat selalu berperilaku yang terpuji tentu saja kita harus menghindari sifat tercela tersebut. Dalam ajaran Islam ada beberapa perilaku yang digolongkan tercela dan jauh dari kata terpuji, dan untuk bisa menghindarinya kita harus membahas setiap perilaku tersebut satu persatu:

Ananiyah
Yang dimaksud dengan Ananiyah adalah orang yang memiliki sifat yang selalu mementingkan dirinya sendiri. Ananiyah berasal dari bahasa Arab yaitu ‘Ana’ yang berarti ‘Saya’. Itu berarti Ananiyah adalah sifat ego atau egois alias ingin menang sendiri. Sebagai seorang manusia sangatlah tidak pantas untuk memiliki sifat seperti ini karena akan merugikan hubungan dengan manusia lainnya. Sifat egois akan merusak tali silaturahmi, karena orang – orang akan menggunakan cara menghadapi orang sombong dan egois ini dengan menjauhinya.

Ghadab
Perilaku Ghadab akan tampak pada orang yang mudah marah. Ghadab artinya murka. Ini berarti seseorang yang memiliki perilaku ghadab adalah orang yang emosional dan sangat mudah marah. Ghadab erat kaitannya dengan sifat yang kurang sabar sehingga mudah terpancing emosinya. Perilaku ghadab dilakukan oleh orang yang tidak tahu cara meredam emosi. Orang yang berperilaku seperti ini akan rentan dengan penyakit seperti darah tinggi dan jantung, karena dirinya selalu mengutamakan kemarahan daripada berpikir panjang.