Josef Stalin- Pemimpin Kejam Rusia

Josef Stalin- Pemimpin Kejam Rusia

Josif (Josef) Vissarionovich Stalin, Iósif Vissariónovich Stálin), nama asli Ioseb Jughashvili, (21 Desember 1879 (tarikh Kalender Gregorian) – 5 Maret 1953) adalah pemimpin Uni Soviet dan seorang diktator yang terlalu kejam, dikenal juga bersama sebutan Manusia Baja. Ia diperkirakan telah memerintahkan pembunuhan kira-kira 30 juta jiwa penduduk Rusia dan negara-negara sekitarnya. Ia juga dikenal sebagai orang yang membenci agama. Tadinya ia masuk seminari di Tbilisi, tapi ia kemudian menjadi tak percaya ulang pada Tuhan setelah membaca buku Asal-usul Spesies karya Charles Darwin.

Artikel Lainnya : https://tokoh.co.id/biodata-blackpink-all-member-dan-fakta-terlengkap/

Ia tampil sebagai pemimpin partai komunis didalam negara Uni Republik Soviet Sosialis. Saingan utama Stalin adalah Leon Trotsky, Leon berhasil diusir nampak dari Rusia kemudian dibunuh. Menjelang tahun 1929 Stalin menjadi kepala negara. Ia memperlakukan saingannya atau siapapun yang melawannya bersama kejam.

Mereka seluruh dihukum mati sebagai musuh negara Soviet atau menjebloskannya ke didalam kamp-kamp penjara. Dalam Perang Dunia II (1939-1945) Rusia berperang bersama Inggris serta Amerika Serikat melawan Jerman. Tetapi seusai perang Stalin ” menempatkan Tirai Besi” antara sekutu Barat dan Rusia dan beberapa besar negara di Eropa Timur dijadikan negara Komunis. Stalin berkuasa hingga akhir hayatnya pada usia 73 tahun. Pada jaman pemerintahannya ia tidak hanya mengawasi seluruh negara Rusia, melainkan juga negara-negara di luar Rusia.

Josef Stalin, secara khusus menandatangani surat perintah pembunuhan pada kalangan terkemuka Polandia semasa Perang Dunia II. Saat itu Rusia merupakan negara raksasa bernama Uni Soviet. layaknya dikutip dari laman harian Sydney Morning Herald, Jumat 30 April 2010, pembunuhan massal 1940, yang disebut pembantaian Katyn, dikerjakan pada nyaris 22.000 warga Polandia, yang dianggap sebagai “borjuis.” Mereka terdiri dari pejabat militer, pendeta, penulis, profesor, dan aristokrat.

Baca Juga :