Jelaskan tahapan pembentukan gambut tropika

Jelaskan tahapan pembentukan gambut tropika

Menurut Beallmy (1974) dalam Andriesse (1988), terdapat 3 tahapan pembentukan gambut tropika, yaitu:

  1. Genangan di daerah rawa belakang (backswamp), danau dangkal dan daerah cekungan yang perlahan ditumbuhi tumbuhan air dan vegetasi lahan basah.
  2. Vegetasi yang sudah mati dan melapuk secara bertahap membentuk lapisan gambut sehingga genangan terpenuhi timbunan atau akumulasi gambut.
  3. Gambut yang berkembang mengisi genangan tersebut sebagai gambut topogen, sedangkan gambut yang berkembang di atas gambut topongen sebagai gambut ombrogen.

Jelaskan endapan gambut berdasarkan cara pembentukannya

Endapan gambut berdasarkan cara pembentukkanny terdiri dari dua yaitu, gambut daratan (eutrofic peat) merupakan endapan yang terbentuk oleh tumbuhan yang kaya akan nutrisi dan gambut perairan (oligotropic peat) merupakan gambut yang terbentuk dari tumbuhan yang kandungan nutrisinya rendah dengan sifat gambut terisolasi.

Jelaskan yang dimaksud dengan hirotopografi lahan

Hirotopografi merupakan hubungan antara elevasi lahan terhadap elevasi di lahan tersebut, sehingga hirotopografi lahan dapat digunakan sebagai petunjuk sejauh mana kemungkinan luapan air dapat menggenangi lahan dan sebaiknya genangan dapat dibuang (drain).

Jelaskan klasifikasi gambut berdasarkan proses hidrologi dan letak pembentukkanya

Klasifikasi gambut berdasarkan proses hidrologi dan letak pembentukkanya terdiri dari tiga, yaitu (1) gambut pantai merupakan pengkayaan mineral dari air laut, (2) gambut pendalaman merupakan gambut yang tidak berpengaruh pasang surut air alut tetapi oleh air hujan, dan (3) gambut pasang surut atau transisi merupakan gambut yang terbentuk di antara ke dua wilayah.

Jelaskan indikator-indikator lahan gambut tropika terbentuk

Lahan gambut tropika terbentuk, ketika pada kawasan beriklim tropis dengan beberapa indikator, yaitu:

  1. Curah hujan tinggi (>2.000 mm/tahun)
  2. Daerah depresi atau basin di antara dua sungai besar, cekungan, danau, pelembahan, dan dataran banjir
  3. Pengatusan atau drainase jelek
  4. Tergenang air dalam periode lama atau jenuh air (waterflogged) selama lebih dari 30 hari setiap tahun.
  5. Terjadi proses dekomposisi secara terus menerus terhadap tumbuhan yang sudah mati yang didominasi oleh tumbuha atau vegetasi rawa.

Sumber: https://poekickstarter.com/akhir-november-iphone-x-tiba-di-14-pasar/