HUKUM DALAM EKONOMI

Table of Contents

HUKUM DALAM EKONOMI

HUKUM DALAM EKONOMI
HUKUM DALAM EKONOMI
  1. Kaidah (Norma)

Dalam Kehidupan bermasyarakat setiap subjek hukum, yakni orang maupun badan hukum selalu berhadapan dengan berbagai aturan maupun norma, baik yang bersifat formal maupun nonformal. Aturan ataupun norma sangat diperlukan dalam kehidupan bermasyarakat agar hubungan antar manusia dalam masyarakat dapat berlangsung tertib dan berjalan lebih baik. Oleh karena itu, norma adalah suatu kriteria bagi orang lain untuk menerima atau menolak perilaku seseorang.

            Dalam kehidupan bermasyarakat norma yang berlaku adalah norma yang diterapkan di lingkungan masyarakat, yaitu norma agama, norma kesusilaan, norma kesopanan, dan norma hukum.

  1. Norma Agama

Adalah peraturang yang diterima sebagai perintah, larangan, dan anjuran yang diperoleh dari Tuhan YME, bersifat umum dan universal. Apabila melanggar sanksinya diberikan oleh Tuhan YME.

  1. Norma Kesusilaan

Adalah aturan hidup yang berasal dari hati sanubari manusia itu sendiri, bersifat umum dan universal. Apabila dilanggar maka akan menyesal sendiri.

  1. Norma Kesopanan

Adalah peraturan hidup yang timbul dari pergaulan manusia, berupa suatu tatanan pergaulan masyarakat. Apabila dilanggar sanksinya akan dicela/diasingkan oleh masyarakat setempat.

  1. Norma Hukum

Adalah aturan yang bersifat mengikat kepada setiap orang yang pelaksanaannya dapat dipertahankan dengan segala paksaan oleh alat-alat negara untuk melindungi kepentingan manusia dalam pergaulan masyarakat.

Sumber : https://www.emailmeform.com/builder/form/4ej482d3d3YsqpEuZUwW5aK5