Hipnoterapi untuk Menyembuhkan Trauma Psikologis

Orang-orang dengan trauma besar, seperti trauma masa kecil atau gangguan stres pasca-trauma (PTSD), menjalani kehidupan yang penuh dengan beban dan “hantu” setelah setiap langkah yang mereka ambil. Trauma yang dialami tetapi tidak ditangani akan berdampak negatif pada pola pikir dan pola perilaku, meskipun hal ini terkadang tidak sepenuhnya dipahami. Namun yang jelas, trauma psikologis dapat disembuhkan dengan hipnoterapi.

Sebagai contoh, seorang anak yang telah menjadi korban kekerasan sebagai seorang anak dapat tumbuh dalam orang yang sangat dekat dan mengalami kesulitan membangun hubungan positif dengan orang lain. Contoh lain adalah seorang prajurit yang telah menghadapi situasi konflik yang hebat, sementara kembali ke kehidupan normal akan menjadi orang yang selalu gelisah dan sulit untuk melawan kemarahan. Ini menunjukkan bahwa masalah perilaku yang dialami seseorang bisa merupakan akibat dari trauma yang belum pernah dialami. Seseorang yang traumatis dapat mengambil banyak cara untuk mengatasi berbagai masalah perilaku. Salah satunya menjalani hipnoterapi. Hipnoterapi adalah metode psikiatri yang dikembangkan oleh ilmuwan Austria Franz Anton Messmer pada tahun 1770-an. Metode ini lahir dari teori populer pikiran bawah sadar yang dikembangkan oleh Sigmund Freud dan Carl Jung.

Perbedaan antara hipnosis dan hipnoterapi

Hipnosis adalah prosedur yang dilakukan untuk bekerja dalam pikiran yang tenang dan jernih sehingga Anda dapat memasuki pikiran bawah sadar. Dalam proses hipnosis, Anda akan santai dan fokus. Dalam keadaan ini, Anda dapat menerima saran untuk mencapai hasil yang diinginkan. Hipnosis itu sendiri hanyalah “media” yang digunakan dalam hipnoterapi, yang berarti bahwa kedua istilah ini memiliki arti yang berbeda. Bayangkan jika Anda harus menemui psikolog, Anda akan membagi masalah Anda dengan psikolog yang merawat Anda. Proses pertukaran ini merupakan cara yang digunakan dalam konseling psikologis. Hipnoterapi memiliki kesamaan dengan proses hipnosis.

Orang yang berlatih hipnosis hanya dapat menarik seseorang ke pikiran bawah sadar mereka (melakukan hipnosis), tetapi mereka mungkin bukan hipnoterapis. Hipnosis hanya dapat membuat Anda rileks dan fokus, sehingga Anda akan lebih mudah menerima saran seperti berhenti merokok atau mengurangi rasa tidak nyaman. Sementara itu, dalam hipnoterapi, Anda akan diminta mempelajari masa lalu Anda untuk memproses trauma berhantu.
Iklan

Sembuhkan obat dengan hipnoterapi

Hipnoterapis bertanggung jawab untuk hipnosis, melacak asal-usul trauma psikologis, dan menetralisir atau mengubah persepsi peristiwa traumatis yang menyebabkan masalah perilaku. Sebagai contoh, seorang klien mengalami trauma masa kanak-kanak dari argumen orangtua mereka dan menyaksikan perceraian. Ketika dia tumbuh dewasa, dia takut membangun hubungan dengan orang lain, jadi dia selalu gagal bercinta. Ini karena, dalam pikiran bawah sadarnya, klien ini khawatir perceraian orang tuanya akan terulang kembali kepadanya. Dia selalu menggunakan kekerasan sebagai kompromi karena ini adalah satu-satunya cara dia belajar dari pemecahan masalah dari orang tuanya. Namun, trauma masa kecil ini sering tidak dirasakan oleh klien, sehingga ia hanya frustrasi oleh kegagalan romansa. Selain itu, klien ini juga tidak dapat mengendalikan emosi mereka karena mereka tidak menyadari bahwa amarah menyala dengan mudah.

Ahli hipnoterapi yang mengelola klien ini akan menghipnotis sehingga klien dalam keadaan santai dan terlalu fokus pada pikiran bawah sadarnya sehingga tidak mengganggu apa pun yang terjadi di sekitarnya. Setelah itu, ahli hipnoterapi akan memunculkan kenangan yang tersimpan di pikiran bawah sadar klien. Maka ingatan ini penuh dengan peristiwa traumatis dan emosi negatif akan dinetralkan dengan memberikan saran. Misalnya, klien ini akan diperintahkan untuk memaafkan kedua orang tua. Klien juga akan disarankan untuk memahami bahwa perceraian orang tua tidak dilakukan oleh klien. Memori tidak akan hilang dari memori, hanya saja klien sekarang memiliki pemahaman dan perasaan yang lebih positif tentang memori.

Setelah klien berhasil memproses dan menetralkan memori, ahli hipnoterapi akan membantunya mengubah pola perilaku yang disebabkan oleh kenangan buruk. Klien akan diperintahkan untuk membuka dan memercayai orang lain. Anda juga akan diperintahkan untuk bernapas dalam-dalam ketika Anda merasa marah untuk mengendalikan emosi Anda.

Baca juga: