Cara Mewujudkan Cinta Kasih

Table of Contents

Cara Mewujudkan Cinta Kasih

Cara Mewujudkan Cinta Kasih

  1. Cara mewujudkan cinta diri sendiri

       Dapat dilakukan dengan menjaga diri dan yang terutama adalah menerima diri apa adanya, dan mampu melindungi kesucian sebab tubuh kita adalah bait Allah yang harus dijaga seperti yang terdapat di dalam Kitab 1 Korintus 6:19-20 dikatakan “Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu  adalah bait Roh Kudusyang kamu peroleh dari Allah,- dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri? Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas di bayar: Karena itumuliakanlah Allah dengan tubuhmu(Alkitab, 2010). Oleh sebab itu, kita tidak boleh mencemarkan tubuh kita dengan kenajisan dan kejahatan apa pun itu, baik oleh pikiran, keinginan, maupun tindakan.

  1. Cara mewujudkan cinta sesama manusia / persaudaraan

Dapat dilakukan dengan perbuatan yang bersifat sosial dan kemanusian.Contohnya saling tolong menolong dan kerja bakti. Dalam Kitab Markus 6: 31”….Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri…” dan dalam Kitab Matius 5:44 “Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu (Alkitab, 2010). Ini jelas dikatakan bahwa selain mengasihi diri sendiri, kita juga harus mengasihi sesama bahkan musuh sekali pun.

  1. Cara mewujudkan cinta erotis

Dapat dilakukan apabila dilandasi dasar cinta kasih yang bertanggung jawab dan tidak melanggar adat atau norma yang ada. Contohnya cinta eotis seorang lelaki terhadap perempuan yang sudah di ikat pernikahan di dasari percintaan.

  1. Cara mewujudkan Cinta Keibuan

Dapat dilakukan dengan dilandasi kasih sayang ibu yang tak terhingga terhadap anaknya dari sejak dikandung, melahirkan, dan mengurus sampai menikahkan dengan tanpa pamrih sedikitpun dan doanya yang selalu menginginkan dan melihat anaknya bahagia dijauhkan dari segala kesusahan(Zainal, 2012). Seorang Ibu Kristiani diarahkan untuk mengasihi anak-anaknya seperti yang tertulis di dalam Titus 2:4-5 (Alkitab, 2010).

  1. Cara mewujudkan Cinta kepada Allah

Dapat dilakukan dengan dilandasi cinta yang teramat sangat. Kita harus mengasihi Allah dengan segenap hati, jiwa dan akal budi dan kekuatan kita (lih. Mrk 12:30) dan memberikan seluruh diri kita untuk mentaati seluruh perintah-Nya sebagai manisfestasi dari kasih kita kepada Allah (lih. 1 Yoh 5:3) (Alkitab, 2010).

  1. Cara mewujudkan Cinta kepada Rasul

Dapat dilandasi dengan cinta dengan mencontoh teladan yang baik yang ada pada diri rasul.

Menurut Erich Fromm, ada lima syarat untuk mewujudkan cinta kasih, yaitu:

  1. a)Perasaan
  2. b)Pengenalan
  3. c)Tanggung jawab
  4. d)Perhatian
  5. e)Saling menghormati

Sumber:

https://areaponsel.com/kingmaker-apk/