Cara Mengaktifkan Deskripsi Penelusuran Agar Blog Lebih SEO

Cara Mengaktifkan Deskripsi Penelusuran Agar Blog Lebih SEOCara Mengaktifkan Deskripsi Penelusuran Agar Blog Lebih SEO

Membangun sebuah Blog agar semakin dikenal banyak orang memang membutuhkan sebuah proses panjang. Anda mungkin bisa saja mengisi blog anda dengan artikel sebanyak mungkin anda mau. Namun apa gunanya artikel banyak jika tidak ada yang membaca dan tidak bisa memberikan manfaat bagi orang lain.

Ribuan atau bahkan jutaan artikel blog di seluruh dunia telah diposting setiap harinya. Namun hanya artikel-artikel terpilih yang akan dibaca dari pencarian topik yang sama. Itulah kenapa faktor SEO juga penting diperhatikan agar suatu artikel dapat bersaing di puncak teratas pada hasil pencarian.

Ada banyak teknik dalam SEO yang bisa anda terapkan di blog anda agar artikel lebih mudah ditemukan oleh pembacanya. Meski begitu, gunakanlah cara-cara wajar sebagaimana diizinkan google google agar blog anda tetap sesuai dengan pedoman kebijakan dan aman dari berbagai tindak pelanggaran.

deskripsi penelusuran blog

Bagi pengguna blogspot, salah satu cara untuk meningkatkan nilai SEO blog agar pengunjung tertarik untuk membaca artikel di blog tersebut di antaranya yaitu dengan mengaktifkan deskripsi penelusan di menu setelan blogger.

Deskripsi penelusuran adalah fitur yang disediakan blogger untuk menggambarkan isi dari sebuah blog agar lebih mudah untuk ditemukan oleh pembacanya. Saat anda melakukan pencarian artikel di mesin pencari, maka di bawah judul artikel biasanya akan muncul keterangan singkat di bawahnya. Keterangan inilah yang biasa disebut deskripsi penelusuran.

Penulisan deskripsi penelusuran yang tepat diyakini cukup ampuh untuk meningkatkan relevansi artikel, pembendaharaan kata kunci dan peluang dikliknya artikel tersebut dari hasil pencarian. Oleh karenanya, deskripsi penelusuran ini sangat baik untuk disertakan agar semakin menarik perhatian pembaca untuk mengunjungi blog anda. Namun untuk mendapatkan manfaat ini, terlebih dulu anda mesti mengaturnya secara manual melalui dashboard blogger anda.

Cara Mengaktifkan Deskripsi Penelusuran di Blogspot

Secara default, blogger memang tidak menampilkan kotak penelusuran pada entri barunya. Meskipun begitu, anda tetap bisa menampilkannya karena sebetulnya fitur ini tersedia jika anda ingin mengaktifkannya. Bagaimana Caranya? Simak langkah-langkah berikut ini:

1. Buka akun blogger anda.

2. Pilih menu setting (setelan) dan cari Meta Tags.

3. Pada bagian search enable description, silahkan pilih untuk mengaktifkan kotak deskripsi penelusurannya.

aktifkan meta tags

4. Klik pada search description dan isikan deskripsi penelusuran blog anda pada kotak tersedia. Sebagai contoh, misalnya seperti berikut ini:

deskripsi penelusuran blog

5. Jika sudah, silahkan simpan.

Setelah pengaturan di atas, selanjutnya anda juga bisa menambahkan deskripsi penelusuran untuk setiap artikel yang hendak anda posting. Sebelumnya fitur ini belum tersedia pada menu untuk postingan baru. Namun setelah anda mengaktifkan pengaturan meta tags seperti di atas, anda sudah bisa menjumpainya saat hendak posting artikel baru.

Jika anda hendak mengaturnya pada postingan, lihat pada setelan postingan di sebelah kiri agak bawah. Pada bagian search description, silahkan isi kotak tersedia dengan deskripsi artikel yang hendak anda posting. Contohnya seperti berikut ini:

deskripsi penelusuran postingan

Setelah artikel diposting dan telah diindex oleh mesin pencari google, maka di halaman hasil pencarian akan muncul deskripsi penelusuran ini di bawah judul postingan anda.

Demikianlah Cara Mengaktifkan Deskripsi Penelusuran Agar Blog Lebih SEO dan mudah untuk ditemukan pengunjung. Semoga bermanfaat.

Sumber: https://ngegas.com/ini-alasan-software-open-source-diminati/