Cara Memperkuat Sinyal Jaringan pada Smartphone

Cara Memperkuat Sinyal Jaringan pada Smartphone

 

Cara Memperkuat Sinyal Jaringan pada Smartphone
Cara Memperkuat Sinyal Jaringan pada Smartphone

Sinyal yang buruk ketika menggunakan ponsel adalah hal yang menyebalkan. Sebab, hal ini dapat menganggu kualitas layanan telepon dan berkirim pesan.

Sinyal yang buruk juga berdampak pada penggunaan data seluler untuk berselancar di dunia maya. Akibatnya, akses internet pun menjadi lamban bahkan tidak bisa digunakan sama sekali.

Dalam beberapa kasus, hampir sebagian besar masalah ini biasanya disebabkan oleh adanya gangguan atau pemeliharaan jaringan dari provider penyedia layanan itu sendiri.

Sehingga kadang kala kita harus menunggu sampai gangguan tersebut diperbaiki atau pemeliharaan jaringan sudah selesai dilakukan oleh para penyedia layanan.

Selain itu, berada di bangunan yang tertutup juga seringkali membuat sinyal pada perangkat menjadi buruk.

Hal ini disebabkan tidak adanya ruang atau celah yang dapat ditembus sinyal untuk bisa masuk ke dalam perangkat.

Lokasi yang terpencil, di pantai ataupun gunung juga merupakan tempat yang sulit untuk menerima sinyal. Apalagi jika penyedia layanan belum memiliki menara pemancar sinyal di wilayah tersebut.

Penggunaan Bluetooth, Near-Field Communication dan Wi-Fi secara bersamaan juga disebut dapat menghambat sinyal yang diterima oleh perangkat Anda.

Oleh karena itu, dianjurkan untuk mengaktifkannya ketika hanya dibutuhkan saja atau disaat – saat tertentu yang mengharuskan Anda menggunakan fitur – fitur tersebut.

Selengkapnya, berikut adalah beberapa tips dan trik yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas jaringan pada perangkat ponsel sebagaimana dikutip dari laman Digital Trends, Signal Booster dan Uber Signal.

Gunakan Wi-Fi

Selain untuk menghemat penggunaan data seluler atau pengganti dikala sinyal buruk, jaringan Wi-Fi saat ini juga sudah bisa digunakan untuk melakukan dan menerima panggilan telepon.

Teknologi yang disebut dengan VoWiFi ini memiliki sistem yang serupa dengan VoLTE. Bedanya, VoWiFi mengandalkan jaringan WiFi untuk bisa melakukan sambungan telepon.

Sehingga hal ini memungkinkan Anda untuk melakukan panggilan dengan nomor layaknya telepon biasa yang menggunakan jaringan dari provider atau penyedia layanan.

Bagi pengguna iPhone, Anda dapat mengaktifkannya dengan membuka menu Pengaturan, lalu pilih telepon dan cari Panggilan Wi-Fi (Wi-Fi Calling), aktifkan.

Fitur ini juga tersedia di sejumlah ponsel Android yang bisa Anda temukan melalui menu Pengaturan lalu cari fitur panggilan Wi-Fi di kolom pencarian.

Pindah Lokasi

Di sejumlah lokasi, termasuk beberapa wilayah di Indonesia, masih banyak yang belum dijangkau oleh sejumlah provider atau penyedia layanan tersebut.

Mungkin ada, tetapi sinyal yang diterima tidak terlalu kuat sehingga kadang kala menyebabkan perangkat kehilangan sinyal secara tiba – tiba.

Berpindah lokasi mungkin menjadi salah satu pilihan yang tepat. Tapi jika tidak memungkinkan, Anda bisa mencari ruang terbuka atau tempat yang bisa menangkap sinyal lebih kuat.

Hindari Menutup Antena Sinyal

Penggunaan case atau pelindung ponsel yang terlalu tebal bisa menjadi salah satu penyebab lain yang memungkinkan perangkat Anda kesulitan untuk menerima sinyal.

Sebab, hal ini dapat secara tidak sengaja menutup antena yang ada pada perangkat Anda tersebut.

 

Oleh karena itu, disarankan untuk sebisa mungkin menghindari penggunaan case yang terlalu tebal atau apapun yang dapat menutup antena penerima sinyal.

Restart Ponsel dan Reset Jaringan

Dalam beberapa kasus seringkali ditemukan bahwa perangkat tidak dapat mendeteksi jaringan yang ada disekitar secara baik.

Melakukan restart pada ponsel merupakan salah satu solusi yang disebut dapat memperbaiki masalah satu ini.

Jika tidak berhasil, Anda bisa mereset atau mengatur ulang jaringan secara manual dengan membuka menu pengaturan, pilih jaringan dan cari opsi untuk mengatur ulang.

Dengan mengatur ulang ini diharapkan perangkat Anda dapat mencari dan menemukan jaringan ‘baru’ yang ada

disekitar Anda.

Perbarui Sistem Operasi Ponsel

Sistem operasi memiliki peranan yang penting dalam ponsel. Oleh karena itu, memperbarui sistem operasi ini sangatlah dianjurkan untuk dilakukan.

Sebab, dengan pembaruan ini memungkinkan perangkat untuk memperbaiki sistem yang bermasalah dan dapat mengoptimalkan kinerjanya selama digunakan, termasuk sinyal.

Gunakan Provider Lain

Jika Anda masih kesulitan untuk mendapatkan sinyal di sejumlah lokasi dan disana tidak ada jaringan Wi-Fi yang

tersedia, mungkin Anda bisa mencoba menggunakan provider lain.

Hal ini dikarenakan masih banyak wilayah yang belum dijangkau atau ter-cover oleh semua provider.

Oleh karena itu, kemungkinan hanya satu atau dua provider saja yang memiliki sinyal kuat di wilayah tersebut.

Baca Juga: