Cara Membuat Hardisk Internal Menjadi Eksternal

Apakah Anda memiliki hard drive lama yang tidak tahu apa yang harus dilakukan? Mengapa tidak menggunakannya saja sebagai hard drive eksternal? Dengan cara ini, tidak ada hard drive yang berlebihan dan Anda memiliki hard drive tambahan untuk menyimpan file cadangan. Jika Anda tidak tahu, Anda harus mencari tahu cara membuat hard drive eksternal dalam artikel ini.

Hard drive dalam aplikasi desktop dan laptop adalah salah satu komponen terpenting. Sistem operasi PC yang mengharuskan PC berfungsi disimpan dalam komponen ini. Apalagi bagi Anda yang sering menginstal game dan aplikasi yang pasti membutuhkan hardisk berkapasitas besar.

Ada banyak alasan yang sah untuk mengganti hard drive internal dengan yang eksternal, seperti ketika mengganti hard drive dengan SSD untuk kinerja gaming yang lebih cepat atau ketika menggantinya dengan hard drive berkapasitas lebih tinggi. Jadi, apakah Anda siap untuk mengubah hard drive Anda ke hard drive eksternal? Ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Periksa status hard disk

Cara membuat disk eksternal dari hard disk internal
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memverifikasi kemungkinan hard drive internal. Sebelum melepaskan hard drive dari PC atau laptop, pastikan hard drive Anda tidak rusak sehingga data yang disimpan tidak rusak atau hilang.

Caranya cukup sederhana, yang perlu Anda lakukan adalah membuka Windows Explorer dan klik kanan pada partisi hard drive untuk digunakan sebagai hard drive eksternal. Setelah itu, pilih menu Properties dan klik pada tab Tools. Klik opsi Verifikasi di bagian “Verifikasi Kesalahan”.

Apakah alat ini akan memindai hard drive untuk mencari kesalahan. Jika tidak ada pemberitahuan kesalahan setelah pemindaian, itu berarti hard drive Anda memenuhi syarat untuk menjadi hard drive eksternal.

2. Cadangan data penting (opsional)

Cara membuat disk eksternal dari hard disk internal

Memindahkan hard drive adalah tugas yang dapat dianggap berbahaya. Tidak ada yang tahu apakah hard drive Anda akan rusak saat dilepas. Oleh karena itu, yang terbaik adalah membuat cadangan data jika data hilang dari hard drive.

Ada begitu banyak opsi yang bisa dilakukan. Jika file penting yang ingin Anda buat cadangannya berukuran kecil, Anda dapat menyalinnya ke flash disk atau mengunggahnya ke media penyimpanan seperti Google Drive atau Mega.

Jika file besar, Anda dapat mencadangkannya dengan DVD burner. Tetapi metode ini hanya dapat dilakukan jika Anda memiliki DVD-RW.

Langkah ini hanya langkah pencegahan: proses konversi hard drive internal ke yang eksternal tidak dapat benar-benar menghapus data dari hard drive. Tetapi pencegahan lebih baik daripada mengobati, bukan?

3. Beli lampiran yang benar

Cara membuat disk eksternal dari hard disk internal

Ini adalah wadah tertutup untuk mengakomodasi hard drive eksternal. Biasanya, kasing terbuat dari plastik atau logam, dan Anda dapat menghubungkan hard drive ke slot USB 3.0 pada PC atau laptop.

Tergantung pada ukuran hard disk, ada dua versi yang dapat digunakan. Ukuran hard disk internal di PC adalah beberapa inci. inci inci dan bahkan inci. Harus dipasang dalam radius satu inci.

Setelah itu, ada hard drive laptop khusus yang berukuran 2,5 inci. Mudah untuk membedakan antara dua konektor: inci. Versi inci memiliki kabel tambahan untuk dicolokkan ke soket. Soalnya, hard drive PC tidak perlu dicolokkan ke listrik untuk menyalakannya.

Sumber: https://ojogaptek.com/

Baca juga: