BUDIDAYA SALAK PONDOH

BUDIDAYA SALAK PONDOHBUDIDAYA SALAK PONDOH

Cara menanam/ budidaya salak pondoh, salak pondoh merupakan tanaman buah yang masih satu keluarga dengan palem . tanaman ini konon berasal dari Malaysia, Thailand dan Indonesia .

Tanaman salak tumbuh di ketinggian 100- 500 m dpl ,untuk media yang diperlukan tanah gembur subur dan agak lembab,derajat ke asaman tanah (ph) berkisar 5- 7,5, suhu udara antara 20-30 derajat c ,tanaman ini memerlukan sinar matahari cukup 50-70 % saja ,karena cocok di daerah lembab tetapi tidak suka air menggenang.untuk itu harus mempunyai drainase yang baik.

MENANAM / BUDIDAYA SALAK PONDOH

PERSIAPAN BIBIT

Untuk mendapatkan bibit salak ada 2 cara yaitu perbanyak generative dengan bijinya , untuk menyemai dengan biji harus diperhatiakan beberapa hal yaitu biji harus dari buah yang masak ,tidak cacat, dan pohon yang genjah. Sedangkan cara vegetative yaitu bibit salak dari anakan pohon salak yang sudah tumbuh dewasa, dengan cara di pisahkan dari induknya dengan menyertakan akarnya.

PERSIAPAN LAHAN

Lahan di bersihkan dari rumput liar dan tanaman semak serta tumbuhan perdu dengan di babat atau di cangkul lalu dikumpulkan dan di bakar atau dengan menggunakan herbisids purna tumbuh seperti Roundup,Glisat dengan dosis pemakaian 200 -250 cc / 17 liter ( tangki sprayer).

PENANAMAN SALAK PONDOH

Membuat lubang dengan diameter 30 cm ,kedalaman 30 cm, dengan jarak lubang 2 meter ( jarak tanam satu baris ) jarak baris 3 � 4 meter . penanamannya masukkan bokashi bercampur dengan tanah lalu siram dengan air sampai basah merata ,selanjutnya tambahkan Furadan 30 gram tiap lubang, lalu masukkan bibit salak anakan kedalam lubang ,atur perakarannya merata lalu timbun dengan tanah campur bokashi lalu siram sampai basah merata dan rapatkan tanah pada pangkal batang.

PERAWATAN TANAMAN SALAK

Penyulaman dilakukan untuk mengganti tanaman yang mati atau kurang sehat ,pekerjaan ini dilakukan pada tanaman muda dan tanaman baru.

Penyiraman untuk tanaman yang baru dilakukan 2 kali sehari sampai tanaman hidup kemudian 1 hari sekali dan apabila sudah kuat , penyiraman dilakukan bila diperlukan saja atau setelah pemberian pupuk.

Penyiangan dilakukan 2 minggu sekali atau bila rumput telah tumbuh agar tidak menggangu pertumbuhan tanaman.
Pembubunan yaitu menimbun kembali tanah pada pangkal batang akibat longsor untuk menjaga agar pertumbuhan akar tetap baik, biasanya longsor disebabkan air hujan dan pengairan , pekerjaan ini dilakukan 2 minggu sekali.

Pemupukan awal tanaman salak di lakukan pada umur 10 hari yaitu Urea 10 gram, TSP 5 garam dan Kcl 5 gram ditambah bokashi 15 kg , untuk umur 1 bulan komposisi pupuk masih sama , untuk umur 2- 4 bulan ,pemberian pupuk dtambah yaitu Urea 15- 20 gram, TSP dan Kcl masing-masing 8- 10 gram, untuk umur 6- bulan komposisi pupuk ditambah menjadi Urea 25- 40 gram,TSP dan Kcl 20 gram ditambah pupuk bokashi 30 kg, untuk tanaman yang sudah besar ,pemberian pupuk di sesuaikan umur dan besar batang tanaman.

HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN SALAK

Hama yang menyerang antara lain: Ulat daun ,Kutu putih,Kumbang penggerek tunas,cara penanggulangannya untuk ulat dan kutu gunakan insektisida berbahan aktif beta silfutrin/ sipermetrin dan midakloprit ,sedangkan untuk kumbang , gunakan abamectin atau sejenisnya.

Penyakit yang menyerang antara lain:busuk merah,bercak daun warna hitam,busuk buah .Cara penanggulangannya :semprot dengan fungisida berbahan aktif iprodiun , mancozeb, propinep,

PEMANENAN SALAK

Panen salak dilakuakan setelah buah matang di pohon ,kira- kira umur 6 bulan setelah bunga mekar, ciri-ciri fisik antara lain : warna kulit buah hitam ke merahan dan mengkilat,bulu-bulunya telah hilang,ujung kulit buah terasa lunak bila ditekan dan mudah lepas dari tangkainya , beraroma salak matang.

 

RECENT POSTS