Bentuk-bentuk metode bercakap-cakap

Bentuk-bentuk metode bercakap-cakap

1)      Bercakap-cakap bebas

Bercakap-cakap bebas adalah suatu bentuk kegiatan yang dilakukan oleh seorang guru dengan seorang anak atau sekelompok anak taman kanak-kanak dalam membahas berbagai topic yang berkaitan dengan pembelajaran di taman kanak-kanak.

2)      Bercakap-cakap menurut pokok bahasan

      Bercakap-cakap menurut pokok bahasan adalah kegiatan percakapan antara guru dengan anak didik, dengan pokok bahasan yang telah ditetapkan . Pokok bahasan yang menjadi topik percakapan disesuaikan dengan tema pembelajaran yang dipilih baik untuk kelompok A maupun untuk kelompok B.

3)      Bercakap-cakap berdasakan gambar seri

Kegiatan bercakap- cakap berdasarkan gambar seri adalah suatu kegiatan percakapan yang dilakukan guru kepada anak TK dengan bantuan buku bergambar yang critanya berseri. Biasanya terdiri dari 4 seri.:

  1. Metode Tanya Jawab

Pengertian Metode Tanya jawab

Menurut Dra. Roestiyah N.K, metode Tanya  Jawab  adalah  suatu  cara mengajar  di  mana  guru  dan  siswa  aktif  bersama,  guru  bertanya  siswa memberikan  jawaban,  siswa  mengemukakan  pendapat  ide  baru,  dan dengan ini guru bertujuan. Sedangkan menurut Drs. Soetomo, metode Tanya Jawab adalah  suatu  metode  di mana guru menggunakan/memberikan pertanyaan kepada siswa dan siswa menjawab,  atau  sebaliknya  siswa  bertanya  pada  guru  dan  guru  menjawab pertanyaan siswa.

Metode Tanya Jawab, menurut Syaiful B.  Djamarah  adalah  cara penyajian  pelajaran  dalam  bentuk  pertanyaan  yang  harus  dijawab, terutama oleh dari guru kepada siswa, tetapi dapat pula dari siswa kepada guru. Sedangkan menurut Armai Arief,  metode  Tanya  Jawab  adalah  suatu  teknik penyampaian  pelajaran  dengan cara  guru  mengajukan  pertanyaan.  Atau suatu metode di dalam pendidikan di mana guru bertanya sedangkan siswa menjawab tentang materi yang ingin diperoleh.

Berdasarkan beberapa pendapat di  atas,  dapat  disimpulkan bahwa metode Tanya Jawab  ialah  suatu  metode mengajar  yang dijadikan adanya komunikasi langsung  di  mana  guru mengajukan  pertanyaan-pertanyaan dan siswa menjawab tentang materi yang  diperolehnya atau sebaliknya siswa bertanya dan guru menjawab sehingga siswa termotivasi.

Sumber: https://www.gurupendidikan.co.id/usaha-barbershop/