Audit Operasional Departemen Pemrosesan Informasi

Audit Operasional Departemen Pemrosesan Informasi

Audit Operasional Departemen Pemrosesan Informasi
Audit Operasional Departemen Pemrosesan Informasi
Sifat Audit Operasional Departemen Pemrosesan
Audit operasional dari pemrosesan data secara sistematis menilai keefektifan unit dalam menerima tujuan dan mengidentifikasi keadaan yang memerlukan peningkatan. Pemrosesan Data (DP) audit operasional mungkin meluas secara alami, meliputi semua aktivitas DP, atau mungkin yang terkait dengan segmen spesifik dari aktivitas tersebut.
Proses Audit Operasional Departemen Pemrosesan
Kemajuan audit ini melalui beberapa langkah berikut ini :
1) Tahap Perencanaan Audit
Penting bagi auditor memperoleh dan meninjau ulang latar belakang informasi atas unit, aktivitas, atau fungsi yang akan diaudit. Auditor perlu mengumpulkan informasi dari klien untuk memperoleh suatu pemahaman menyangkut departemen DP dan sasaran hasilnya.
2) Tahap Survei Persiapan
Survei ini membantu auditor untuk mengidentifikasi area permasalahan, area sensitif, dan operasi yang rumit atas kesuksesan audit dari departemen DP.
3) Tahap Audit yang Terperinci
Kunci aktivitas untuk menguji dan mengevaluasi sepanjang tahap audit yang terperinci meliputi (1) organisasi menyangkut fungsi pengolahan informasi, (2) praktek dan kebijakan sumber daya manusia, (3) operasi komputer, (4) pertimbangan implementasi dan pengembangan sistem, dan (5) pengoperasian sistem aplikasi.
4) Pelaporan
Pada penyelesaian dari audit operasional, suatu laporan dibagi-bagikan ke manajemen dan panitia audit perusahaan. Isi dari laporan ini bervariasi menurut harapan manajemen.