Apakah Susu Santan Kelapa?

Santan merupakan cairan yang berasal dari daging kelapa atau daging putih.

Karena penampilan dan teksturnya, Anda mungkin ingin mempertimbangkan apakah mengandung produk susu.

Artikel ini membahas tentang terbuat dari apa santan dan apakah mengandung santan.

Gambar Makistock / Offset

Bukan produk susu

Produk susu berasal dari sekresi laktat atau susu yang dihasilkan oleh mamalia setelah melahirkan (1).

Susu yang paling populer berasal dari sapi serta kambing, domba dan unta dan kemudian sering digunakan untuk membuat produk susu seperti keju, mentega, dan es krim.

Kelapa adalah benih besar yang tumbuh di pohon palem tropis. Karena santan berasal dari daging kelapa – bukan dari hewan – ini bukan produk susu.

Santan dijual dalam dua bentuk utama, satu kaleng. Ini adalah produk yang lebih kental dan paling sering digunakan untuk masakan Asia atau India.

Minuman lain yang lebih encer dan diolah menjadi minuman kelapa komersial, biasanya disimpan di lemari es dengan alternatif susu nabati lainnya seperti almond, kacang mete, gandum, kedelai, kacang polong, rami atau beras.

Santan kalengan dibuat dengan menggiling daging putih dalam kelapa dan merebusnya dalam air untuk mendapatkan pasta yang kental. Cairan tersebut kemudian disaring dan dagingnya dibuang. Santan kalengan dipisahkan menjadi krim kelapa yang lebih kental dan air kelapa yang lebih encer.

Santan komersial dibuat dengan mencampurkan santan dengan air dan krim kelapa untuk membuat minuman konsumen lebih lembut dan encer.

Jika Anda menghindari produk susu dalam makanan Anda, Anda bisa mengonsumsi semua jenis santan tanpa masalah.

RINGKASAN

Apakah cocok untuk penderita intoleransi laktosa atau alergi susu?

Laktosa adalah karbohidrat yang ditemukan secara alami dalam susu.

Beberapa orang tidak boleh mengonsumsi laktosa karena apa yang disebut intoleransi laktosa. Mereka yang menderita penyakit ini kekurangan enzim laktase, yang diperlukan untuk pemecahan laktosa dan pencernaan yang tepat (2).

Akibatnya, mereka biasanya mengalami gejala gastrointestinal seperti kembung, kembung, dan diare setelah mengonsumsi produk olahan susu yang mengandung laktosa (2).

Laktosa hanya ditemukan pada produk susu dan ASI. Makanan nabati tidak mengandung laktosa. Oleh karena itu, santan merupakan makanan bebas laktosa dan cocok untuk diet bebas laktosa (2).

Selain itu, karena santan secara alami bebas susu, maka aman bagi mereka yang alergi susu sapi.

Berbeda dengan intoleransi laktosa, alergi susu sapi memicu respons imun. Hal ini dapat menyebabkan gejala alergi seperti gatal, mengi dan / atau sakit perut setelah orang tersebut makan sesuatu yang mengandung susu.

Santan adalah pilihan yang baik untuk penderita intoleransi laktosa atau alergi susu.

Namun, banyak produk kelapa yang mengiklankan santan pada labelnya mungkin tidak bebas susu. Lebih baik membaca label dengan cermat.

Baca juga: