7 Manfaat Koneksi 5G di Indonesia

7 Manfaat Koneksi 5G di Indonesia

7 Manfaat Koneksi 5G di Indonesia
7 Manfaat Koneksi 5G di Indonesia

– Telkomsel membeberkan keuntungan yang bisa memanfaatkan koneksi 5G.

Tujuh manfaat 5G, diantaranya bisa digunakan untuk Smart Air Patrol, Smart Surveillance, Immersive Collaboration, Future City Planning, 5G Call dan Immersive Entertainment, Seamless Gaming, serta Industry 4.0 Enabler.

Hal ini diungkap Direktur of Planning & Transformation Telkomsel Edward Ying saat uji coba jaringan 5G di kantor Telkomsel Smart Office (TSO) Batam, Kepulauan Riau. Telkomsel memanfaatkan frekuensi 3,5 GHz untuk melakukan uji coba tersebut.

“Uji coba jaringan 5G untuk segmen industri ini merupakan upaya Telkomsel dalam mengakselerasikan kesiapan ekosistem sehingga dapat mengadopsi teknologi 5G dan mendorong peningkatan kualitas, produktivitas, otomasi, dan efisiensi di dalam operasional industri,” tutur Director of Planning & Transformation Telkomsel, Edward Ying.

Dia menambahkan, para pelaku industri membutuhkan teknologi jaringan

yang mampu membuka lebih banyak peluang dan kemungkinan agar bisa berkolaborasi bersama menyukseskan inisiatif pemerintah yakni Making Indonesia 4.0.

“Uji coba pun dilakukan untuk melihat implikasi frekuensi 3,5 GHz, berapa lebar pita yang harus diberikan operator jika nantinya frekuensi ini cocok di Indonesia,” kata Direktur Jenderal Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ismail saat sesi tanya jawab dengan media, Kamis (28/11)

Lihat juga:Huawei akan Penuhi Standar Keamanan 5G Jerman

Lebih lanjut, Ying membeberkan 8 industri yang bisa memanfaatkan jaringan 5G ini.

1. Pengawasan dengan drone

Menurut Edward Ying, Smart Air Patrol merupakan teknologi yang memanfaatkan drone

untuk mengawasi operasional pabrik secara real-time dengan pengiriman berlatensi rendah.

“Smart Air Patrol bisa diimplementasikan pada industri minyak dan gas. Drone dapat memantau saluran pipa sepanjang 240 kilometer misalnya, dengan biaya yang jauh lebih murah dibandingkan dengan menggunakan helikopter,” terangnya.

 

Baca Juga :