Unpad Lepas Mahasiswa untuk KKN

Unpad Lepas Mahasiswa untuk KKN

Unpad Lepas Mahasiswa untuk KKN
Unpad Lepas Mahasiswa untuk KKN

BANDUNG – Sebanyak 2.056 mahasiswa Unpad

mengikuti pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa (KKNM)-PPMD Integratif Gelombang II, Juli-Agustus 2015. Peserta dilepas secara simbolis oleh Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad, pada saat upacara pemberangkatan KKNM, Selasa (28/07) pagi di Lapangan PPBS Unpad Kampus Jatinangor.

Rektor mengatakan, KKNM merupakan kesempatan baik untuk mengetahui realitas kehidupan yang terjadi di masyarakat. Mahasiswa diharapkan dapat mulai mengimplementasikan kompetensi keilmuan yang telah didapat guna pengembangan kehidupan masyarakat.

“Berbuatlah sesuatu untuk masyarakat. Minimal saudara berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan di masyarakat,” jelas Rektor.

Melalui kegiatan KKNM, mahasiswa dapat belajar dari masyarakat.

Rektor pun menginstruksikan peserta KKNM melalui dosen pembimbingnya untuk memperoleh beragam data terkait kondisi masyarakat. Data ini akan menjadi pendukung mengenai gambaran kehidupan masyarakat Jawa Barat.

“Meskipun validitas data belum bisa diyakini, paling tidak itu bisa menjadi sesuatu yang suatu saat bisa ditindaklanjuti,” terangnya.

Pengumpulan data ini merupakan bagian dari peran Unpad dalam mengembangkan Jawa Barat

. Rektor berharap para mahasiswa memiliki ketertarikan untuk ikut berkontribusi mengembangkan desa yang ditinggalinya melalui KKNM ini. Unpad pun akan mendukung jika ada mahasiswa yang akan kembali lagi ke desa setelah KKNM untuk melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian.

Lebih lanjut Rektor menyampaikan, KKNM bukan hanya aktivitas yang mengintegrasikan keilmuan dan pengabdian kepada masyarakat, namun juga integrasi antara mahasiswa dengan masyarakat.

“Doronglah sikap-sikap saling ketergantungan bahwa suatu saat jika Saudara bekerja nanti, itu tidak akan lepas dari peran masyarakat,”
kata Rektor. jo

 

Sumber :

https://oneworldherald.com/2019/05/28/rees-mogg-receives-criticism-for-his-new-book/