Sumber Energi Terbarukan (Energi Alternatif)

Sumber Energi Terbarukan (Energi Alternatif)

Sumber Energi Terbarukan (Energi Alternatif)
Sumber Energi Terbarukan (Energi Alternatif)
Sumber Energi Terbarukan (renewable) didefinisikan sebagai sumber energi yang dapat dengan cepat diisi kembali oleh alam. Semua sumber energi terbarukan termasuk sumber energi alternatif. Berikut ini yang termasuk energi terbarukan;

a. Matahari

Energi matahari dapat dikonversi ke bentuk energi lain, seperti panas & listrik. Saat ini, orang-orang menggunakan energi matahari untuk berbagai keperluan. Energi matahari yang dikonversi ke energi panas dipakai untuk memanaskan air di rumah-rumah, gedung,/ kolam renang. Selain memanaskan air, energi matahari juga dapat dipakai untuk memanaskan udara, seperti udara pada ruangan greenhouses. Energi matahari dapat diubah menjadi energi listrik dengan 2 cara, yaitu;
  • Sel surya. Alat ini mengubah sinar matahari langsung menjadi listrik.
  • Pembangkit listrik tenaga matahari. Alat ini tidak langsung mengubah sinar matahari menjadi listrik melainkan energi panas dari matahari dikumpulkan terlebih dahulu oleh alat pengumpul panas untuk memanaskan zat cair. Selanjutnya, ┬ázat cair yang sudah dipanaskan ini akan menghasilkan uap untuk menghidupkan generator.

b. Angin

Energi angin dapat diubah menjadi energi gerak untuk menghasilkan usaha. Penggunaan energi angin telah dimulai sejak abad ke 7 SM oleh bangsa Persia, yaitu dengan membuat kincir angin yang pertama di dunia. kincir angin tersebut dipakai untuk menggiling padi, memompa air, memotong kayu, & menghasilkan bentuk energi mekanik lainnya. Saat ini turbin angin dapat mengubah energi angin menjadi energi listrik.

c. Energi Tidal

Energi tidal merupakan energi yang memanfaatkan pasang surut air yang sering disebut juga sebagai energi pasang surut. Tetapi, kelemahan energi ini adalah membutuhkan alat konversi yang andal yang mampu bertahan dengan kondisi lingkungan laut yang keras karena tingginya tingkat korosi & kuatnya arus laut.

d. Panas bumi

Energi panas bumi adalah energi yang berasal dari dalam bumi. Energi ini tepatnya dihasilkan di dalam inti bumi, yaitu kira-kira pada kedalaman 6.400 km dari permukaan bumi. Panas bumi ini ditimbulkan oleh peristiwa peluruhan partikel-partikel radioaktif di dalam batuan. Di Indonesia banyak juga air panas alami yang dimanfaatkan sebagai sarana pemandian & tempat wisata seperti Ciater & Cipanas-Garut.
Selain sebagai pemanas, panas bumi ternyata dapat juga menghasilkan tenaga listrik. Air panas alam apabila bercampur dengan udara karena terjadi retakan, maka selain air panas akan keluar juga uap panas (steam). Air panas & uap panas inilah yang kemudian dimanfaatkan sebagai sumber pembangkit tenaga listrik.

e. Biomassa

Biomassa adalah bahan organik yang berasal dari tumbuhan-tumbuhan & binatang. Biomassa dapat dikonversikan ke bentuk energi lain yang bermanfaat seperti gas metana/bahan bakar untuk transportasi seperti biotanol & biodiesel.

f. Air

Tenaga air yang memanfaatkan gerakan air biasanya di dapat dari sungai yang dibendung. Pada bagian bawah bendungan itu terdapat lubang-lubang saluran air. Pada lubang-lubang itu terdapat turbin yang berfungsi mengubah energi kinetik dari gerak air menjadi energi mekanik yang dapat menggerakan generator listrik. Energi listrik yang berasal dari energi kinetik air disebut Hydroelectric (listrik tenaga air). Listrik tenaga air menyumbang sekitar 715.000 MW/sekitar 19% kebutuhan listrik dunia, bahkan di kanada, 61% dari kebutuhan listrik negara berasal dari listrik tenaga air.
Baca Artikel Lainnya: