Sumber Energi Tak Terbarukan

Sumber Energi Tak Terbarukan

Sumber Energi Tak Terbarukan
Sumber Energi Tak Terbarukan
Sumber energi tak terbarukan didefinisikan sebagai sumber energi yang tidak dapat diisi/dibuat kembali oleh alam dalam waktu singkat. Sumber energi tak terbarukan diperoleh dari perut bumi dalam bentuk cair, gas, & padat. Sumber energi tak terbarukan di antaranya; batu bara, gas alam & minyak bumi.

a. Batu bara

Batu bara berasal dari sisa tumbuhan yang tertimbun di dalam bumi selama berjuta-juta tahun. Akibat tekanan & pemanasan dari lapisan bagian atas, sisa-sisa tumbuhan itu berubah menjadi batu bara. Batu bara umumnya dapat ditemukan dalam lapisan tanah pada kedalaman sekitar 30 meter. Batu bara diperoleh dari penambangan bawah tanah. Batu bara yang baru saja ditambang harus dibersihkan dari pengotornya seperti batu, abu, & sulfur.

b. Gas alam

Gas alam merupakan salah satu bahan bakar fosil yang terperangkap dalam lapisan batu kapur di atas resevoir minyak bumi. Gas alam dapat ditemukan di ladang minyak, ladang gas bumi & tambagn batu bara. Pemanfaatan gas alam di Indonesia sebagian besar untuk energi yang diberorientasi ekspor, yaitu ekspor dalam bentuk LNG (Liquefied Natural Gas). Sedangkan untuk pemakaian dalam negeri, gas alam lebih banyak digunakan untuk kebutuhan pabrik. (https://bandarlampungkota.go.id/blog/jenis-jaringan-tumbuhan-dan-fungsinya/)

c. Minyak bumi

Secara teori minyak bumi berasal dari sisa-sisa hewan kecil & tumbuhan yang hidup di laut jutaan tahun yang lalu. Bangkai-bangkai makhluk hidup ini mengendap di dasar laut & tertutup lumpur dalam jangka waktu yang lama. Endapan ini mendapat tekanan & panas yang besar serta sering terhimpit & berubah bersamaan dengan bergeraknya kerak bumi. Akhirnya, bangkai-bangkai hewan kecil & tumbuhan ini secara alami berubah menjadi minyak bumi.