Ropi’u, S.Pd: Perlu Keseimbangan Tri Matra Pendidikan

Ropi’u, S.Pd: Perlu Keseimbangan Tri Matra Pendidikan

Ropi’u, S.Pd: Perlu keseimbangan tri matra pendidikan – Banyak orang pintar yang dulunya berprestasi belajar di sekolah. Namun dalam kehidupan sehari-hari kerap tunjukkan sikap dan tingkah laku yang tidak cukup baik.

Hal ini menandakan ada ketidakseimbangan pada matra (ranah) pengetahuan, sikap dan tingkah laku dan juga psikomotorik dalam sistem pendidikan di sekolah. Demikian inti amanat pembina upacara, Ropi’u, S.Pd pada upacara bendera teratur di SMPN 2 Lintau Buo, Senin (9/10).

Inspektur upacara yang terhitung Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan tersebut mensinyalir bahwa prestasi belajar kerap dimaknai dalam konteks lebih sempit, yaitu hasil belajar waktu ujian (UH, UTS, US dan UN) semata. Hasil belajar itu baru dalam kawasan kognitif (intelektual).

Hal tersebut disampaikan Ropi’u, S.Pd berkaitan bersama udah selesainya ujian tengah semester (UTS) ganjil th. pelajaran 2017/2018 di SMPN 2 Lintau Buo minggu kemarin.

“Setiap mata pelajaran itu memuat matra pendidikan yang lebih luas, tidak hanya matra kognitif semata tapi terhitung matra faktor sikap dan tingkah laku siswa dan juga psikomotorik yang sanggup diterapkan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah maupun di lingkungan keluarga,” papar Wakil Kepala sekolah tersebut.

Lebih jauh guru mata pelajaran Matematika tersebut mencontohkan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, PKn dan BAM yang kaya nilai-nilai sikap dan tingkah laku yang patut diterapkan dalam pergaulan sehari-hari.

Dengan demikianlah dalam sistem pendidikan seyogyanya terkandung tri matra (3 aspek, ranah) yang wajib diseimbangkan agar terwujud tujuan pendidikan di sekolah, yaitu siswa cerdas, beriman dan bertaqwa dan memiliki keterampilan dasar untuk hidup.

Sumber : https://www.lele.co.id/panduan-lengkap-7-cara-menanam-hidroponik-sederhana-di-pekarangan/