Pengertian Scanner

Pengertian Scanner

Pengertian Scanner
Pengertian Scanner

Pengertian

Kata lain dari scanner adalah pemindai dari kata pindai. Yang mana pindai adalah melihat dengan teliti dan seksama, dan pemindai adalah alat yang dapat membaca data dengan teliti dan seksama. Scanner adalah alat yang dapat digunakan untuk mengimport gambar kedalam computer.

Cara kerja dari scanner secara umum dapat dijelaskan sbb:

  1. Gambar diletakkan pada posisi yang telah ditentukan pada mesin scanner.
  2. Kemudian mesin scanner akan menyinari dan merekam gambar kemesin computer.

Jenis-jenis scanner :

  1. Hand Held Scanner

Scanner jenis ini harganya paling murah dan paling sederhana bentuknya disbanding scanner jenis lain. Scanner jenis ini umumnya hanya untuk men-scan sesuatu yang bersifat/berbentuk teks karena kualitasnya yang kurang baik untuk aplikasi computer garafik.

Cara kerja scanner ini adalah dengan cara menempelkan optikal scanner kepermukaan objek yang akan direkam, sehingga seluruh permukaan objek tersebut direkam.

  1. Sheetfed scanner

Cara kerja scanner jenis ini adalah dengan menyelipkan objek yang akan discan kerongga tipis yang telah disediakan, kemudian objek tersebut akan ditarik ke dalam dan akan dikeluarkan pada rongga lain dan pada saat bersamaan objek tersebut akan muncul dilayar monitor anda.

Kelemahan scanner ini adalah objek yang bias discanner hanyalah objek dengan ketebalan media yang tebalnya dapat menyelip dirongga telah disediakan.

  1. Flat Fed Scanner

Scanner pada jenis ini lebih banyak digunakan oleh pemakai computer grafik karena hasil yang diperoleh dari penggunaan jenis ini lebih banyak. Hal ini disebabkan oleh peningkatan kualitas CCD (Change Couple Device) yang digunakan.

  1. Slide Scanner

Scanner jenis ini digunakan untuk menscan dari sebuah klise foto dan akan di print menjadi sebuah foto yang mempunyai ukuran.

Scanner didalam bidang ketehnikan adalah istilah untuk alat yang mampun membaca bentuk/sifat fisika suatu benda. Misalnya bentuk 2 Dimensi benda, kemudian bentuk 3 Dimensi benda, suhu suatu wilayah daratan, kondisi otak manusia, suhu tubuh manusia dsb.

Contohnya:

Dibidang kedokteran dikenal dengan alat CT-Scan (Computed Tomografi Scan) USG dan Ronsen. Alat yang dapat menghasilkan gambar 2 atau 3 dimensi dari keadaan bagian dalam tubuh pasien.

Penggunaan scanner untuk keperluan pribadi adalah sebagai penyimpan gambar, baik itu foto, surat-surat penting (ijazah/berita dari Koran) dalam bentuk file digital.

Resolusi Scanning:

  1. Ukur luas gambar yang akan di scan.
  2. Ukur besar gambar output (rancang ukuran luas gambar yang akan dicetak).
  3. Hitung perbandingan ukuran gambar yang akan discan dan hasil cetak.
  4. Kalikan perbandingan tersebut dengan dua selanjutnya.
  5. Kalikan dengan raster yang akan digunakan.
  6. Luas Bidang Scanning

Semakin luas bidang yang akan anda scan akan semakin besar pula resolusi yang diperlukan dan akan semakin besar pula ukuran file tsb. Oleh karena itu sebaiknya pada saat scanning atur luas bidang sesuai kebutuhan dan kemampuan karena semakin besar luas bidang yang akan di scan semakin banyak pula RAM yang dipakai yang akan mempengaruhi kecepatan scanning.

Perbedaan antara scanning dan scanner.

  • Scanning¬†: untuk men-scan data atau mengcopy data.
  • Scanner¬†: alat untuk menyimpan gambar dalam computer.

Cara kerja scanner :

  1. Gambar yang akan dipindai diletakkan diatas permukaan kaca pemindai/scanner.
  2. Sebelum gambar dipindai, komputer akan menentukan seberapa jauh motor stepper yang membawa lampu akan maju, jaraknya ditentukan oleh panjang gambar dan posisi gambar dikaca pemindai.
  3. Lampu mulai menyala dan motor stepper akan mulai berputar untuk menggerakkan lampu hingga posisi akhir gambar.
  4. Cahaya yang dipancarkan lampu ke gambar akan segera dipantulkan, kemudian pantulan yang dihasilkan akan dibaca oleh sejumlah cermin menuju lensa scanner.
  5. Cahaya pantulan tersebut akhirnya akan sampai ke sensor CCD.
  6. Sensor CCD akan mengukur intensitas cahaya dan panjang gelombang yang dipantulkan dan merubahnya menjadi tegangan listrik analog.
  7. Tegangan analog tersebut akan diubah menjadi nilai digital oleh alat pengubah ADC (Analog to Digital).
  8. Sinyal digital akan dikirim ke papan logic dan dikirimkan kembali ke komputer dalam bentuk data digital yang menunjukkan titik-titik gambar yang dipantulkan.

Sumber : http://kamusbahasasunda.com/strategi-jitu-agar-anak-hafal-angka/