Pengertian Energi Secara Umum Lengkap

Pengertian Energi Secara Umum Lengkap

Pengertian Energi Secara Umum Lengkap
Pengertian Energi Secara Umum Lengkap

1. Pengertian Energi

Energi adalah sebagai kemampuan untuk melakukan usaha (kerja) atau melakukan suatu perubahan. Energi selalu dibutuhkan untuk melakukan usaha/kerja. Energi & usaha (kerja) merupakan 2 hal yang saling terkait. Misalnya, memindahkan barang lama-kelamaan akan merasa lelah & akhirnya orang itu tidak mampu lagi memindahkan barang. Hal itu karena saat memindahkan setiap barang, dibutuhkan energi.

2. Satuan Energi

Dalam sistem internasional (SI), energi dinyatakan dalam satuan joule (J), sedangkan dalam cgs dinyatakan dengan erg. Satuan energi yang lain adalah kalori & kWh. Satuan kalori umumnya digunakan untuk menyatakan besar energi panas (kalor) & energi kimia yang terkandung dalam makanan.

3. Energi Potensial

Secara sederhana, energi potensial disebut juga energi yang tersimpan. Energi potensial adalah energi yang tersimpan dalam suatu benda karena kedudukan/strukturnya & suatu saat energi itu dapat dimunculkan. Sebagai contoh; suatu benda yang diangkat akan memiliki energi potensial. Demikian juga saat busur panah yang diregangkan akan menyimpan sejumlah energi potensial. Terdapat berbagai macam energi potensial, di antaranya yakni energi potensial gravitasi, energi potensial elastis, energi potensial listrik, & energi potensial kimia. (https://bandarlampungkota.go.id/blog/konsep-dan-radiasi-gelombang-elektromagnetik/)

4. Energi Kinetik

Secara umum, energi kinetik adalah energi yang dimiliki suatu benda yang sedang bergerak. Secara khusus, energi kinetik adalah energi yang dimiliki suatu benda bermassa yang sedang bergerak dengan kelajuan. Sebagai contohnya; mobil balap yang sedang bergerak mempunyai energi kinetik lebih besar dari pada mobil pada umumnya (dengan massa yang sama juga) karena mobil balap mempunyai kelajuan yang lebih besar. Dengan begitu dapat diambil kesimpulan bahwa faktor yang mempengaruhi energi kinetik adalah massa & kelajuan suatu benda.

5. Energi Mekanik

Suatu benda yang jatuh bebas memiliki 2 buah energi sekaligus, yaitu energi kinetik & potensial gravitasi. Penjumlahan kedua energi itu dinamakan energi mekanik. Besarnya energi mekanik yang dimiliki oleh benda pada setiap perubahan posisi selalu tetap. Pernyataan tersebut dikenal dengan sebagai kekekalan energi mekanik. Maksudnya, jika pada suatu posisi energi potensial yang dimiliki benda maksimum, maka pada posisi itu energi kinetiknya minimum. Sebaliknya jika pada saat energi kinetik maksimal, maka energi potensial minimum.