Majukan Sains dan Teknologi Dinilai Perlu Diimbangi dengan Riset

Majukan Sains dan Teknologi Dinilai Perlu Diimbangi dengan Riset

Majukan Sains dan Teknologi Dinilai Perlu Diimbangi dengan Riset
Majukan Sains dan Teknologi Dinilai Perlu Diimbangi dengan Riset

Momentum Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) menjadi patokan dalam menghadapi perkembangan zaman dan teknologi. Tentunya, setiap sumber daya manusia (SDM) harus mampu menyesuaikan terhadap kemajuan kondisi yang ada.

Hal ini dikatakan oleh Ketua Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia (UI)

, Saleh Husin saat bersama civitas academica UI mendampingi Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir, menghadiri upacara peringatan Hardiknas 2019 di Kampus UI, Depok, Kamis 2 Mei 2019.

Saleh menjelaskan, salah satu tema Hardikans 2019 adalah mewujudkan sumber daya manusia unggulan, yang kompetitif, inovatif dan berkarakter. Untuk mencapainya kata dia, bangsa Indonesia termasuk pula UI, terus berupaya memperluas akses masyarakat ke perguruan tinggi.

Baca Juga:

Penerapan Sistem Zonasi Membutuhkan Perpres
Sinergi Komunitas Penting untuk Wujudkan Pendidikan Berkualitas

“Teknologi dapat menjadi salah satu solusinya, seperti melalui perkuliahan daring. Program studi di bidang ilmu sosial sudah memulainya, harapannya, perkembangan teknologi dapat pula memfasilitasi kompleksitas penyelenggaraan studi jarak jauh di bidang ilmu sains,” kata Saleh Husin, Senin (6/5/2019).

Saleh mengingatkan, pesatnya perkembangan sains dan teknologi yang kerap menjadi jalan keluar bagi beragam kepentingan manusia, tak terlepas dari kedalaman riset di ranah sosial serta humaniora.

“Itu sebabnya, riset terapan di kedua bidang ilmu ini mesti berjalan secara beriringan

. Percepatannya dapat dilakukan melalui kemitraan antara lembaga pendidikan dengan sektor privat, seperti yang kami lakukan bersama saat ini,” ucapnya.

ADVERTISEMENT

Untuk itu sambung Saleh, atas nama seluruh civitas academica, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Pak Mochtar Riady atas komitmen sekaligus kedermawanan nya mendukung pembangunan gedung delapan lantai ini.

Di mana peresmian Pusat Riset Sosial dan Politik UI di bawah naungan Fakultas Ilmu Sosial

dan Ilmu Politik yang pembangunannya berasal dari filantropi sektor privat ini.

“Semoga langkah beliau menginspirasi sektor privat lainnya, secara meluas, untuk tak ragu bermitra dengan Universitas Indonesia,” ujar Saleh yang menjabat Menteri Perindustrian tahun 2014-2016.
(maf)

 

Sumber :

https://www.deviantart.com/gimadelija/journal/Your-High-School-Diploma-Online-804324339