Kerjasama di Lingkungan Rumah, Sekolah, dan Kelurahan atau Desa

Kerjasama di Lingkungan Rumah, Sekolah, dan Kelurahan atau Desa

Kerjasama di Lingkungan Rumah, Sekolah, dan Kelurahan atau Desa – Pekerjaan berat seandainya dilaksanakan berbarengan dapat menjadi mudah dan cepat selesai. Pekerjaan yang dilaksanakan berbarengan disebut gotong royong atau kerja bakti. Gotong royong merupakan ciri khas bangsa Indonesia.

A.Bentuk-bentuk Kerjasama di Lingkungan Tetangga

1.Bentuk-bentuk kerjasama
a.Gotong-royong membangun jembatan
b.Gotong-royong membangun rumah
c.Ronda malam

2.Gotong-royong ciri khas bangsa Indonesia
Dalam hidup bertetangga pekerjaan bersihkan lingkungan, merawat lingkungan dilaksanakan secara bersama-sama, atau gotong-royong. Dengan bergotong-royong stimulan persaudaraan, persatuan dan kesatuan bisa tetap berhubungan erat.

B.Manfaat kerjasama di Lingkungan Tetangga
1.Kerjasama di rumah
Kerjasama adalah kesibukan bersama yang dilaksanakan dua orang atau lebih. Kerjasama dilingkungan rumah ada dua macam yaitu kerjasama di didalam rumah dan kerjasama di Lingkungan luar rumah.
Kerjasama di lingkungan didalam rumah melibatkan seluruh anggota keluarga, misal kesibukan bersihkan rumah, matang memasak, bersihkan halaman..
Manfaat, laksanakan kerjasama yaitu pekerjaan berat menjadi ringan, ada rasa saling menghargai dan meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan.

2.Kerjasama di lingkungan sekolah
Kerjasama di sekolah antara lain:
a.Membuat group berlajar
b.Membersihkan kelas dan halaman sekolah
c.Merapikan kelas dan halaman sekolah.
Memanfaatkan yang bisa dirasakan didalam kerjasama di sekolah adalah pekerjaan berat bisa diselesaikan bersama mudah dan cepat.

3.Kegiatan gotong-royong di lingkungan tetangga atau RT antara lain:
a.Membangun atau memperbaiki rumah.
Kebiasaan gotong-royong membangun rumah umumnya dilaksanakan di pedesaan.

b.Mengerjakan sawah.
Masyarakat pedesaan tetap punya kebiasaan mengerjakan sawah bersama-sama.

c.Membangun daerah ibadah.
Masyarakat kita juga penduduk yang Agamis, sehingga mudah sekali untuk diajak bergotong-royong didalam mngerjakan pembangunan tempat-tempat ibadah.

d.Keamanan lingkungan.
Keamanan lingkungan merupakan perihal yang sangat penting. Keamanan lingkunagan juga merupakan tanggungjawab seluruh warga.
Biasanya di lingkungan RT diselenggarakan siskampling. Siskampling diselenggarakan bersama tujuan sehingga seluruh warga turut bertanggung jawab didalam keamanan lingkungan, sehingga tercipta lingkungan yang aman.

e.Mengerjakan perbaikan jalan.
Perbaikan jalan merupakan tanggung jawab seluruh warga.

f.Kerjabakti memperbaiki lingkungan.
Kebersihan lingkungan sangat penting berarti tanpa ada perhatian dari seluruh warga, lingkungan tidak dapat bersih. Di RT umumnya seminggu sekali diselenggarakan kerjabakti kebersihan lingkungan. Penentuan hari kerjabakti ditentukan musyawarah RT.

Sumber : https://www.kumpulansurat.co.id/

Baca Juga :