Kepesertaan BPJS Kesehatan Jabar Hampir 90%

Kepesertaan BPJS Kesehatan Jabar Hampir 90%

Kepesertaan BPJS Kesehatan Jabar Hampir 90%
Kepesertaan BPJS Kesehatan Jabar Hampir 90%

BANDUNG – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS)

Kesehatan Jabar optimis, pada 1 Januari 2015 semua BUMN dan Perusahaan swasta sudah ikut BPJS Kesehatan.

Berbicara dalam jumpa pers Senin (22/12), Kepala Kantor Regional BPJS Kesehatan Jabar Jenni Wihartini mengatakan, per 1 Januari 2015 12 BUMN dan sektor swasata diharapkan sudah menjadi peserta BPJS Kesehatan.

“Untuk BUMN, dai 12 BUMN yang ada di Jawa Barat, memang baru 2 BUMN

yang sudah keluar kartu kepesrtaannya, sementara yang lainnya akan selesai 1 Januari. Sementara untuk pekerja swasta, saat ini sudah tercatat menjadi peserta 1 juta 900 ribu peserta dari target 2 juta peserta” ujarnya.

Dengan sosialisasi terus menerus, Jenni yakin 1 Januari seluruhnya sudah menjadi peserta BPJS Kesehatan sesuai amanat Undang Undang tentang Jaminan Sosial Nasional.

“Memang ada sanksi bagi perusahaan swasta dan BUMN yang tidak mengikut sertakan

karyawannya ke BPJS Kesehatan, sesuai Undang Undang. Tapi soal sanksi itu bukan ranah kami, itu kewenangan Pemerintah dalam hal ini Ketenagakerjaan dan Kementrian Kesehatan tentunya” kata Jenni.

Menurut Jenni, untuk kepesrtaan masyarakat tidak mampu atau Peserta Penerima Bantuan Iuran, iurannya ditanggung negara.

“Sudah 6 Kabupaten Kota yang sudah mendaftarkan masyarakat kurang mampunya ke BPJS Kesehatan. Diantaranya Kota Bandung, Kabupaten Bogor, Kabupaten Ciamis, Kota Cirebon, Kabupaten Pangandaran dan Kabupaten Bandung. Itu adalah peserta yang dulunya sebagai peserta Jamkesda dan sekarang dimigrasi ke BPJS Kesheatan” pungkas Jenni.

 

Sumber :