Ini Alasan Sekolah-Sekolah di Saudi Libur Saat Hujan

Ini Alasan Sekolah-Sekolah di Saudi Libur Saat Hujan

Ini Alasan Sekolah-Sekolah di Saudi Libur Saat Hujan
Ini Alasan Sekolah-Sekolah di Saudi Libur Saat Hujan

Turunnya hujan memang menjadi alasan utama kenapa sekolah diliburkan di Arab Saudi

. Salah satu alasannya, kota-kota di Arab Saudi sebagian besar tidak memiliki drainese yang baik, sehingga jika hujan hendak turun mobil-mobil penyedot air milik Pertahanan Sipil siap siaga untuk bertugas.

Pelajar Indonesia di Madinah, Imam Khairul Annas mengatakan, bahkan pernah di tahun 2016, Badan Umum Meteorologi dan Perlindungan Lingkungan Arab Saudi mengirimkan pesan singkat kepada masyarakat di wilayah yang turun hujan agar berhati-hati terhadap hujan dan menghimbau untuk tetap berada di rumah dan tidak beraktivitas di luar. ’’Karena itu liburnya perkuliahan merupakan kebijakan bagi pihak rektorat Universitas masing-masing,’’ paparnya.

Hujan yang turun Selasa (21/11) misalnya menyebabkan sejumlah terowongan di kota Jeddah terendam air,

sehingga banyak jalan-jalan ditutup dan menimbulkan kemacetan. Setelah hujan reda, mobil penyedot air langsung bertugas sehingga keesokan harinya jalan-jalan dan aktivitas sudah berjalan dengan normal.

Hujan yang deras juga menyebabkan mahasiswa yang tinggal 100 km atau 200 km dari kota besar

tidak bisa menuju ke Universitas yang berada di kota, karena cuaca yang buruk, apabila tidak berhati-hati mobil bisa terbawa arus banjir.

Masih banyak kota-kota kecil di Arab Saudi yang terletak ratusan kilometer dari kota besar, guru-gurunya harus didatangkan dari kota besar. Libur bagi pelajar dan mahasiswa menandakan keselamatan bagi mereka adalah hal yang terpenting bagi Pemerintah Arab Saudi. (*)

 

Baca Juga :