Dari Ultah Jatisura Ke-111

Dari Ultah Jatisura Ke-111

Dari Ultah Jatisura Ke-111
Dari Ultah Jatisura Ke-111

 

JATIWANGI-Desa Jatisura Kec. Jatiwangi Majalengka dalam ulatahnya

yang Ke-111 menyelenggarakan pesta rakyat selama tiga hari. Berbagai penampilan kesenian tradisonal dan modern dipertunjukkan serta bazzar di Halaman Desa. Bupati Majalengka hadir dan mersmikan dimulainya rangkaian kegiatan dalam rangka ultahnya yang ke-111.

Dalam ultah yang ke-111 ini, menurut Kepala Desa Jatisura Ginggi mengambil thema “Sebelum semuanya seperti Jakarta”. Thema ini menurut Ginggi berarti, bahwa kedepan Desa Jatisura akan cepat tumbuh terlebih akan dibangunnya Bandara Kertajati dan Jalan Tol. Lima puluh tahun kedepan Desa Jatisura akan berubah secara mengagetkan, jelas Kades Ginggi.

Oleh karena itu, semua warga Desa harus siap menghadapi

perubahan itu dan berbenah diri, jangan sampai seperti Jakarta yang akhirnya penuh permasalahan, ujarnya.

Pernyataan Kades Ginggi tersebut, disampaikan kepada .go.id, Sabtu (4/5) di Halaman Kantor Desa. Tim jabarprov.go.id secara khusus mendatangi even ultah Jatisura untuk mendapatkan informasi tentang kemajuan Jatisura.

Menurut Kades Ginggi, Jatisura telah memiliki program yang bernama “Enjoy The Village. Program ini merupakan pengembangan kampung wisata sendiri yang berarti kembali menikmati dan menghargai desa sendiri. Sebagai penjabarannya, telah didirikan jaringan Komunitas Jatiwangi Art Factory (JAF). Untuk menyukseskan JAF tersebut dibangun beberapa ruangan studio untuk multy media, music tradisonal dari bahan”genteng”, galerry art yang menyajikan barang-barang kreasi para seniman.

Studio-studio tersebut digunakan oleh penduduk setempat orang asing

untuk berproduksi dan sekaligus memberikan pengajaran kepada penduduk Jatisura, tutur Ginggi.

Ginggi menjelaskan tentang hubungannya dengan dunia internasional. Menurutnya hingga ultahnya yang ke-111, dirinya telah melakukan kontak dengan 40 negara dan pada ultah sekarang ini mereka akan hadir. Mereka akan tinggal di rumah-rumah penduduk sambil menyelami karakteristik penduduk dan bersosialisasi.

Program-program pengembangan Jatisura salah satunya difokuskan pada Program Desa Wisata yang berorientasi pada pendidikan, sosial ekonomi dan kesehatan. Orientasi program tersebut dikemas dengan pendekatan “kreatif dan seni”, demikian Kades Ginggi.

Sumber :

https://www.okeynotes.com/blogs/212521/18993/cara-membuat-jaring-jaring-kubus