Cara Membuat WBS Dengan Contoh

Cara Membuat WBS Dengan Contoh

Cara Membuat WBS Dengan Contoh
Cara Membuat WBS Dengan Contoh

Pembahasan Secara Umum

Menurut pengertian yang saya baca dari beberapa sumber melalui Internet Work Breakdown Structure (WBS) merupakan suatu metode pengorganisaian proyek menjadi struktur pelaporan hierarakis dan memecahkan tiap proses pekerjaan menjadi lebih detail. WBS disusun bedasarkan dasar pembelajaran seluruh dokumen proyek yang meliputi kontrak, gambar-gambar, dan spesifikasi. Proyek kemudian diuraikan menjadi bagian-bagian dengan mengikuti pola struktur dan hirarki tertentu menjadi item-item pekerjaan yang cukup terperinci, yang disebut sebagai Work Breakdown Structure.

Manfaat WBS :

  1. Mengurangi kompleksitas
  2. Fasilitas penjadwalan dan pengendalian
  3. Estimasi Biaya (Cost Estimation)
  4. Penyusunan anggaran (Cost Budgeting)
  5.  Perencanaan manajemen Risiko (Risk Management Planning)
  6.     Identifikasi aktivitas(Activity Definition)

Struktur WBS :

Struktur dalam WBS pada prinsipnya adalah pemecahan atau pembagian pekerjaan ke dalam bagian yang lebih kecil (sub-kegiatan).

Model WBS memberikan beberapa manfaat, antara lain :
Memberikan daftar pekerjaan yang harus diselesaikan. Analisa WBS yang melibatkan manajer fungsional dan personel yang lain dapat membantu meningkatkan akurasi dan kelangkapan pendefinisian proyek. WBS membantu dalam pengawasan dan peramalan biaya, jadwal, dan informasi mengenai produktifitas yang meyakinkan anggota manajemen proyek sebagai dasar untuk membuat perundingan. Mendorong untuk mempertimbangkan secara lebih serius sebelum membangun suatu proyek

Ada empat macam bentuk dasar dari WBS yang biasa digunakan dalam proses pembuatan aplikasi yaitu :

  1. Linear
    Linear merupakan struktur yang hanya mempunyai satu rangkaian cerita yang berurut. Struktur ini menampilkan satu demi satu tampilan layar secara berurut menurut urutannya dan tidak diperbolehkan adanya percabangan. Tampilan yang dapat ditampilkan adalah satu halaman sebelumnya atau satu halaman sesudahnya.
  2. Hirarki
    Struktur hirarki merupakan suatu struktur yang mengandalkan percabangan untuk menampilkan data berdasarkan kriteria tertentu. Tampilan pada menu pertama akan disebut sebagai Master Page atau halaman utama. Halaman utama ini akan mempunyai halaman percabangan yang dikatakan Slave Page atau halaman pendukung. Jika salah satu halaman pendukung diaktifkan, maka tampilan tersebut akan bernama Master Page, halaman utama kedua. Pada struktur penjejakan ini tidak diperkenankan adanya tampilan secara linear.
  3. NonLinear
    Pada struktur non linear diperkenankan membuat penjejakan bercabang. Percabangan ini berbeda dengan percabangan pada struktur hirarki. Pada navigasi non linear walaupun terdapat percabangan tetapi tiap-tiap tampilan mempunyai kedudukan yang sama tidak ada pada master page dan slave page.
  4. Campuran 
    Struktur penjejakan campuran merupakan gabungan dari ketiga struktursebelumnya.

 Contoh WBS Dalam Penulsian Ilmiah Saya

Judul penulisan ilmiah saya adalah GAME EDUKASI  “MAKAN SEHAT TUMBUH BESAR” MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PRO CS5.5 . Apliaksi tersebut merupakan alternatif proses bermain sambil belajar yang lebih menyenangkan dan efisien diterapkan kepada anak-anak.. Aplikasi ini didukung dengan audio, visual dan interaksi yang menarik sehingga anak-anak merasakan sedang melakukan permainan namun tanpa sadar mereka sedang melakukan kegiatan belajar. Aplikasi ini juga dapat membantu orang tua untuk mengajarkan anak-anak mereka bahwa dalam bermain pun kita tetap bisa belajar.

Sumber : https://www.sekolahbahasainggris.co.id/