Cara Membedakan Madu Asli dan Campuran

Cara Membedakan Madu Asli dan Campuran

Cara Membedakan Madu Asli dan Campuran
Cara Membedakan Madu Asli dan Campuran
Tahukah Anda jika disimpan dengan benar, madu dapat bertahan hingga ratusan tahun (wow..!!). Gara-gara terkenal dengan segudang keistimewaan dan manfaatnya bagi kesehatan, menjadikan madu sebagai salah satu komoditi yang banyak dipalsukan di pasaran. Ada saja taktik para penjual atau pengecer unutk menambah keuntungan, dengan cara mencampur madu dengan bahan-bahan lain yang mengakibatkan kadar kemurniannya berkurang. Dalam artikel berikut ini, Lompo Ulu akan membahas 5 tips membedakan madu asli dan campuran.

Ciri Madu Asli

1. Bagian atas madu terlihat jernih

Setelah didiamkan beberapa lama, bagian atas madu asli akan terlihat jernih jika dibandingkan dengan madu campuran. Oleh karena itu, saat membeli pastikan Anda memperhatikan bagian atas madu. Apakah terlihat jernih atau terdapat endapan berwarna coklat. Jika Anda mendapati endapan tadi, besar kemungkinan madu tersebut tidak murni lagi.

2. Berasa Manis Alami

Jia mungkin, sebelum membeli cobalah madu terlebih dulu. Madu asli akan terasa manis alami, tidak terasa asam di tenggorokan. Rasa asam tadi yang dimaksud seperti “rasa menggigit” di tenggorokan. Jika setelah mencoba dan Anda merasakan ada rasa tersebut pada madu, bisa jadi madu tersebut tidak disimpan dengan baik atau rusak wadah penyimpanannya.

3. Kental dan Tidak Berbuih

Madu asli yang normal memiliki kandungan air paling banyak 20%, sehinggal menjadikannya kental. Salah satu cara dalam mengenali kekentalan ini dapat dilihat pada saat menuang dengan sendok. Aliran madu yang jatuh dari sendok akan berjalan lambat, stabil dan tidak putus-putus. Madu orijinal juga tidak berbuih (sedikit berbusa), jika Anda mendapati madu yang berbuih pada permukaannya, kemungkinan madu ini telah mengalami fermentasi akibat disimpan pada wadah terbuka dalam waktu yang lama.

4. Tidak Menembus Kertas Koran

Berkaitan dengan ciri sebelumnya, yakni madu asli bersifat kental. Untuk mengenali kekentalan madu dapat dilakukan dengan bantuan kertas koran. Cobalah teteskan madu tersebut di atas kertas koran, jika tetesan madu tertahan di atas koran cukup lama, tidak merembes ke bawah, maka madu tadi adalah madu asli. Jika madu yang Anda teteskan langsung tembus, maka madu tersebut memiliki kandungan air yang banyak dan tidak memenuhi ciri madu asli.

5. Jika dipanaskan akan menggelembung

Madu asli jika dipanaskan hingga hampir mendidih, pada permukaannya akan timbul gelembung-gelembung udara yang meletup. Berbeda dengan madu campuran, yang biasanya telah bercampur gula. Jika dipanasi akan terlihat seperti gula yang dimasak, akan timbul buih pada permukaannya.

6. Keajaiban Segi Enam

Tahu bentuk sarang lebah yang bentuk segi enam itu kan. Walaupun Lompo Ulu sendiri belum mencoba cara ini tapi hasil membaca dari berbagai sumber, cara membedakan madu asli adalah dengan cara menuuangkan madu ke dalam piring berwarna bening kemudian tambahkan air secukupnya. Goyangkan piring tersebut sampai madu dan air tercampur, jika madu tersebut adalah masih asli maka akan terbentuk sarang lebah.

Itulah 6 cara membedakan madu asli dan campuran. Semoga artikel ini dapat memberikan Anda pengetahuan dalam mengenali ciri madu asli saat hendak membelinya. Sebelum Anda menutup halaman ini, jangan lupa membagikan artikel ini ke teman-teman Anda yang juga suka mengkonsumsi madu. Selamat membeli madu ya.