Artinya Penting Budi Utomo didalam Perjuangan Bangsa Indonesia

Artinya Penting Budi Utomo didalam Perjuangan Bangsa Indonesia

Kegagalan perjuangan rakyat di tempat didalam melawan penjajah sudah pengaruhi langkah pikir didalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesian yakni lewat jalan nonfisik yang dipelopori Budi Utomo. Berdirinya Budi Utomo sudah jadi tonggak yang menumbuhkan dorongan perjuangan, sekaligus jadi gagasan berdirinya bermacam organisasi di seluruh pelosok tanah air, baik yang berwujud kedaerahan, politik, keagamaan, serikat pekerja, maupun kepemudaan.

Gagasan Budi Utomo sesudah itu menggugah dan mendorong lahirnya bermacam organisasi politik seperti Sarikat Islam, NU, Muhammadiyah, PNI, Parkindo dll. Perjuangan nonfisik yang dirintis Budi Utomo itu sesudah itu dikenang dan diabadikan sebagai Angkatan 08 / Angkatan Perintis yang setiap th. diperingati sebagai hari ‘Kebangkitan Nasional’.

Budi Utomo merupakan awal dari proses bangkitnya rasa nasionalisme. Tercatat tersedia lebih dari satu organsasi dan partai politik lahir setelah kemunculan Budi Utomo. Budi utomo jadi awal kesadaran bangsa Indonesia berjuang merebut kemerdekaan didalam jalan berorganisasi. Saat itu, sudah beri tambahan gagasan untuk memperjuangkan kemerdekaan lewat perserikatan dan persatuan. Bangsa Indonesia menjadi melanjutkan perjuangan merebut kemerdekaannya, bersama organisasi rakyat modern.

Walaupun ruang lingkup kesibukan Budi Utomo terbatas pada golongan terpelajar dan wilayah meliputi Jawa, Madura dan Bali, dapat tapi Budi Utomo sudah jadi Tonggak awal kebangkitan nasional. Oleh sebab itu tanggal kelahiran Budi Utomo 20 Mei, diperingati sebagai hari kebangkitan nasional.

Semangat kebangsaan selanjutnya dibangun dan digelorakan oleh para putra-putri bangsa Indonesia, khususnya di kalangan terpelajar. Kalangan ini menjadi sadar bangsa mereka adalah bangsa jajahan yang kudu berjuang meraih kemerdekaan jikalau menghendaki jadi bangsa yang merdeka dan sederajat bersama bangsa-bangsa lain. Mereka berasal dari bermacam tempat dan suku bangsa yang menjadi satu nasib dan penderitaan sehingga menghendaki bersatu menggalang kekuatan bersama.

Baca Juga :