550 Orang Papua Asli Raih Beasiswa Pendidikan

550 Orang Papua Asli Raih Beasiswa Pendidikan

550 Orang Papua Asli Raih Beasiswa Pendidikan
550 Orang Papua Asli Raih Beasiswa Pendidikan

 

 

Sebanyak 550 siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP)

di Papua dan Papua Barat, meraih beasiswa pendidikan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ke Yogyakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten, dan Bali.

Para siswa itu mendapatkan beasiswa melalui program Afirmasi Pendidikan Menengah (Adem) yang bekerjasama antara Kemendikbud dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tahun 2015.

Direktur Penataan Daerah dan Opsus Kemendagri Teguh

Setyabudi mengatakan, dari jumlah tersebut 42 orang disebar ke Yogyakarta, 141 orang di Jawa Timur, 96 orang di Jawa Barat, 70 orang di Jawa Tengah, 70 orang di Banten, dan 80 orang di Bali.

Mereka orang asli Papua dan Papua Barat dari Kabupaten Merauke,

Kabupaten Bouven Digoel, Kabaupaten Puncak, Kabupaten Pegunungan Bintang, dan Kabupaten Asmat,” ujarnya, usai acara Serah Terima Siswa Asli Papua dan Papua Barat, di Travello Hotel, Jalan Dr Setiabudhi, Jumat (14/8/2015).

Menurutnya, program ini sudah berlangsung sejak tahun 2013. Semua siswa ini akan mendapatkan beasiswa pendidikan dan biaya hidup selama ada di daerah tujuan.

“Mereka akan diberikan dana sebesar Rp21 juta per orang per tahun. Dana ini adalah dana pendidikan, termasuk biaya hidup mereka selama bersekolah,” terangnya.

Untuk mendapatkan beasiswa ini, mereka harus melewati beberapa tahapan seleksi, mulai dari seleksi tingkat kota/kabupaten, provinsi, dan pusat.

“Proses seleksinya mulai dari administrasi di mana, mereka harus tercatat sebagai orang asli Papua dan Papua Barat, tes kesehatan, nilai selama bersekolah di SLTP, dan latar belakang ekonomi keluarga,” bebernya.

Sejak program ini berlangsung, sudah 1.323 orang siswa yang mendapatkan beasiswa Adem, dan sekitar 1.200 orang untuk program pendidikan mahasiswa. Selama di kota tujuan, mereka akan tinggal di asrama khusus dan orangtua asuh terpilih.

Sumber :

http://blog.ub.ac.id/petrusarjuna/struktur-dan-jaringan-tumbuhan/